Presiden AS Joe Biden: Selamat Merayakan 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia

Presiden AS Joe Biden saat menyambut kunjungan Presiden Indonesia Joko Widodo di Gedung Putih, Washington

POTRETRIAU,com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyampaikan selamat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan masyarakat Indonesia atas perayaan 77 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia .

Ucapan Biden disampaikan dalam pesan tertulis yang disampaikan oleh Kedutaan Besar AS di Jakarta pada Selasa (16/7/2022). “Yang terhormat Bapak Presiden (Joko Widodo), atas nama Amerika Serikat dan rakyat Amerika, saya mengucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia karena Anda merayakan kemerdekaan bangsa Anda pada 17 Agustus,” kata Biden dalam pesan tertulisnya.

Biden mengatakan sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia, AS dan Indonesia merayakan tonggak kemerdekaan mereka di tengah sejarah panjang dan bersama yang dibangun di atas visi bersama "Bhinneka Tunggal Ika" dan "E Pluribus Unum".

Kedua semboyan itu memiliki makna yang hampir sama. E Pluribus Unum, semboyan AS, berasal dari bahasa Latin yang bermakna "Dari banyak menjadi satu". Sedangkan semboyan bangsa Indonesia, "Bhinneka Tunggal Ika" berasal dari bahasa Sansekerta yang bermakna "Berbeda-beda tetapi tetap satu jua".

Lebih lanjut, pesan tertulis Biden mengatakan; "Pada Hari Kemerdekaan Indonesia ini, saya menantikan semua yang akan dilakukan kedua negara kita bersama untuk memajukan komitmen bersama kita terhadap demokrasi dan bekerja untuk membangun kawasan Indo-Pasifik yang damai, sejahtera, dan tangguh." 

"Amerika Serikat merayakan hari yang menggembirakan ini dengan Anda sebagai teman dan mitra strategis," imbuh Biden. Menteri Luar Negeri AS Antony J. Blinken juga mengirim ucapan serupa.

"Atas nama Amerika Serikat, saya mengirimkan ucapan selamat kepada rakyat Indonesia pada kesempatan Hari Kemerdekaan Anda," katanya.

"Amerika Serikat bangga dengan sejarah panjang persahabatan dan kerja sama antara kedua negara kita. Saya menyaksikan secara langsung kekuatan hubungan kami dan pentingnya Kemitraan Strategis AS-Indonesia ketika saya mengunjungi Jakarta pada Desember 2021 dan Bali pada Juli 2022," lanjut Blinken.

Blinken mengatakan Amerika Serikat mendukung kepemimpinan global Indonesia sebagai Presiden G20 tahun ini dan menantikan Keketuaan ASEAN 2023 Indonesia.

Amerika Serikat, lanjut dia, merasa terhormat memiliki mitra yang begitu dekat di kawasan ini saat kedua pihak bekerja untuk mengamankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. "Selamat karena Anda merayakan Hari Kemerdekaan yang menggembirakan ini," imbuh Blinken. 
 


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar