BPBD Riau Minta BPBD Kabupaten Kota Siaga Jelang Musim Penghujan Tiba.

Ilustrasi

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edy Afrizal meminta BPBD kabupaten kota untuk meningkatkan kesiapsiagaan. Hal ini mengingat saat ini peralihan cuaca, dan musim hujan dengan curah hujan tinggi telah terjadi di Riau.

 

Saat ini, kata Edy sejumlah wilayah di Riau dalam ancaman banjir. Khususnya daerah yang selama ini menjadi tempat langganan banjir.

 

Terlebih memasuki penghujung September hingga penghujung tahun 2022 ini, potensi bencana banjir diprediksi akan semakin meningkat seiring dengan tingginya curah hujan.

 

Edy menegaskan saat ini pihaknya terus melakukan memonitoring perkembangan banjir di daerah-daerah. Khususnya di wilayah-wilayah yang langganan terjadi banjir.

 

"Kita terus memonitor dan mengimbau masyarakat di daerah yang rawan banjir dan tanah longsor untuk meningkatkan kewaspadaan. Kawan-kawan BPBD di daerah juga sudah kita minta untuk bersiap siaga, mulai dari personil, sarana prasarana, dan hal lainnya," kata Edy.

 

Selain itu, saat ini pihaknya juga meningkat koordinasi dengan BPBD di daerah untuk meminta laporan perkembangan bencana banjir daerah yang ada di Provinsi Riau.

 

Diberitakan sebelumnya, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai angin kencang dan petir masih berpotensi mengguyur Riau di akhir pekan ini, Ahad (25/9/2022).

 

Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru Ahmad Agus mengatakan hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan kembali mengguyur Riau pada sore hingga dini hari.

 

"Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Ahmad Agus.

 

Ia mengatakan pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Kepulauan Meranti, Pelalawan, dan Kota Dumai.

 

"Siang hari cuaca cerah berawan, tak ada potensi hujan," Cakapnya.

 

Sore hingga malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi, Rokan Hilir, Bengkalis, Indragiri Hilir, Indragiri Hilir, Siak, Pelalawan, Kota Dumai dan Kota Pekanbaru.

 

"Sementara dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Indragiri Hilir, dan Kota Dumai," sebutnya.

 

Lanjut Ahmad Agus, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir.

 

"Yang dapat terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Kampar, Rokan Hilir, Kota Dumai dan Kota Pekanbaru terutama pada sore hingga malam hari," ucapnya.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar