Haryono Bijawangsa" Pria Asal Inhil Dipercaya Jadi Ketua Umum Ju-Jitsu Riau.

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Ju-Jitsu merupakan salah satu beladiri yang sering ditampikan para petarung MMA (Mix Martial Art), para praktisi ju-jitsu faham betul bagaimana cara mengunci lawan hingga sulit bernafas dan menguasai teknik grapping untuk membuat lawan terbanting hingga terpental, namun selain itu para praktisi Ju-Jitsu juga mampu menggunakan senjata seperti tongkat, pedang, double stik, dll.

 

Jujitsu pada dasarnya adalah bentuk-bentuk pembelaan diri yang bersifat defensif dan memanfaatkan “Yawara-gi” atau teknik-teknik yang bersifat fleksibel, dimana serangan dari lawan tidak dihadapi dengan kekuatan, melainkan dengan cara “menipu” lawan agar serangan tersebut dapat digunakan untuk mengalahkan dirinya sendiri. 

 

seni bela diri ini dibuat oleh para prajurit Samurai sejak tahun 880 – 1868 M, dan sampai sekarang dianggap sebagai seni bela diri yang sangat efektif.

 

Kini beladiri Ju-Jitsu telah hadir di Provinsi Riau terutama di kota Pekanbaru dan Dumai. “Kami sudah terbentuk dalam wadah Institut Ju-Jitsu Indonesia Provinsi Riau, SK Penunjukan saya sebagai Ketua Umum Ju-Jitsu telah diterbitkan oleh Pusat”. Ujar Haryono yang sehari-hari bekerja sebagai Dosen Universitas Riau. 

Menurut informasi yang diberikan ketua Umum Ju-jitsu Riau hal yang sangat membantu perkembangan Ju-Jitsu yaitu tergabung dalam KONI (Komite Olahraga Indonesia). 

 

Ketua Umum Jujitsu Riau/ Pelatih Jujitsu Riau bersama Wakil Ketua Umum Sedang memperagakan tehnik Kuncian

 

“beberapa waktu kedepan kita akan berkunjung ke KONI Riau sambil melengkapi beberapa berkas yang diperlukan nantinya dan saya sudah berkomunikasi secara lisan dengan kawan-kawan di KONI Riau yang bahkan menunggu kehadiran kita” ucapa sang Pelatih Ju-Jitsu. 

 

Tanpa batas usia Ju-Jitsu dapat dipelajari berbagai usia “Ju-Jitsu dapat dipelajari anak-anak, bahkan ada mengatur anak dari berbagai tingkat, jika untuk lanjut usia dan deawasa saya fikir ini dapat membantu menjaga fisik, saya punya murid yang sering sakit kepala, sejak latihan Ju-Jitsu ia tidak mengalami lagi, hal ini benar-benar terjadi, karena saat latihan Ju-Jitsu seluruh aliran darah dalam tubuh mengalir karena jika sudah coba Take-Down tentulah memerlukan semua pergerakan tubuh” imbuh ketua umum ini yang kami kenal sebagai Presiden Bangsa Orang Laut Sedunia.

 

Untuk Kabupaten/ Kota yang akan membentuk pengurus Ju-Jitsu didaerahnya silahkan menghubungi sekretariat, namun bagi yang ingin belajar dan bergabung menjadi murid Ju-Jitsu atau ingin menjadi seorang Jujitsan silahkan Joint di Ju-Jitsu Pekanbaru dan Dumai, untuk daerah lain karena kekurangan pelatih, kita masih penuhi untuk SDM Pelatih dulu, dan semoga saja dalam waktu dekat ini SDM tersebut terpenuhi” Tutup Sosok Terkenal ini dengan optimis.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar