Pemprov Riau Alokasikan BKK Rp 100 Juta Per Kecematan, Baru Dua Kabupaten yang mencairkan

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tahun 2022 telah mengalokasikan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sebesar Rp100 juta untuk 169 kecamatan.

Hingga saat ini, baru dua kabupaten yang mencairkan BKK Pemprov Riau untuk kecamatan itu, yakni Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dan Kampar.

"Sampai saat ini kabupaten/kota yang sudah mencairkan BKK Kecamatan baru Kampar dan Inhil," kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Riau, Indra SE melalui Sekretaris BPKAD Provinsi Riau, Ispan S Syahputra, Senin (17/10/2022).

Ispan mengatakan, pada prinsipnya Pemprov Riau menunggu usulan dari kabupaten/kota untuk pencarian BKK Kecamatan.

"Kami menunggu pengajuan dari kabupaten/kota lainnya. Saat ini yang sedang diproses pencairan Kebupaten Kepulauan Meranti. Kalau cepat diusulkan, tentu kita segera proses pencairan BKK kecamatan dari Pemprov Riau," ujar mantan Kepala Bidang Pajak Badan Pendapatan Daerah Riau ini.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau, Muhammad Firdaus mengatakan, bantuan keuangan Pemprov Riau tahun ini difokuskan untuk peningkatan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah kecamatan. Karena dua tahun sebelumnya, bantuan difokuskan untuk penanganan Covid-19, dan untuk pemulihan ekonomi dan penanganan Covid-19.

"BKK Kecamatan dari Pemprov Riau untuk kecamatan tahun ini sebesar Rp100 juta. BKK kecamatan tahun inilebih difokuskan untuk peningkatan Kamtibmas, seperti pencegahan radikalisme dan narkoba oleh forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) saat turun lapangan. Termasuk untuk pemantauan dana desa di masing-masing kecamatan," tutupnya.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar