Kontes Ikan Jalai di Pelalawan Diikuti Ratusan Peserta dari Medan hingga Jakarta

PANGKALAN KERINCI, POTRETRIAU.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan melalui Dinas Perikanan menggelar kontes Ikan Channa Marulioides atau yang dikenal oleh masyarakat Sumatera ikan Jalai.

Pelalawan Jalai Kontes 2022 digelar sejak tanggal 16 hingga 18 Desember 2022 bertempat di Ruang Publik Kreatif (RPK) Kota Pangkalan Kerinci, Kecamatan Pangkalan Kerinci.

Kontes diikuti oleh ratusan peserta yang akan menampilkan Channa terbaiknya. Setidaknya sudah ada 115 peserta yang mendaftar. Bahkan, kontes ini akan dinilai oleh tim juri nasional.

Para peserta bukan hanya dari Kabupaten Pelalawan saja, tetapi juga dari luar daerah seperti Kota Medan bahkan Jakarta.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pelalawan, Ir M Syahrul Syarif mengatakan, dengan adanya kontes-kontes seperti ini diharapkan mampu mendongkrak nilai jual ikan menjadi lebih tinggi.

"Dinas Perikanan selaku OPD ditugaskan untuk mengembangkan potensi perikanan. Ikan menjadi sumber ekonomi utama, produk perikanan harus diproduksi secara maksimal dengan potensi yang ada," katanya.

Lanjutnya, termasuk ikan konsumsi maupun ikan hias yang saat ini sedang pamerkan. "Jadi bagaimana mengembangkan ikan endemik ini (Jalai) untuk menjadi spesifik di Kabupaten Pelalawan," ujarnya.

Agenda kontes ini, jelas Syahrul, sekaligus mengangkat nama Kabupaten Pelalawan dan tidak kalah bersaing dengan daerah lain. Dalam hal ini peran serta pemerintah khususnya Dinas Perikanan sangat diperlukan.

"Selama ini masyarakat hanya mengenal ikan Jalai sebagai ikan konsumsi. Kami ingin mengenalkan bahwa ikan ini juga memiliki nilai jual yang sangat tinggi," terangnya.

Pihaknya berharap agenda ini dapat menjadi pemicu kepedulian masyarakat terhadap ikan endemik. Bahkan diungkapkannya, ikan Jalai asal Kabupaten Pelalawan yang diikutkan kontes di luar daerah selalu berhasil menyabet juara.

"Kedepan bagamaina ikan edemik lokal ini bisa semakin dikenal. Salah satunya melalui kontes seperti ini," pungkas Syahrul, saat membuka kontes.

Tampak hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdibud) Kabupaten Pelalawan, H Abu Bakar dan Ketua Dewan Kesenian Pelalawan (DKP), H Herman Maskar. Kontes dimeriahkan dengan bazar ikan hias dan produk perikanan.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar