Ampuh Cegah Kanker Ini Daftar 4 Buah Dan Sayuran Yang Mengandung Likopen

POTRETRIAU.com - Mengkonsumsi buah dan sayur sangat bermanfaat bagi kesehatan. Likopen mungkin masih terdengar asing di telinga banyak orang.

Likopen adalah senyawa karotenoid yang memberikan warna pigmen pada sayur dan buah. Zat ini ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan.

Kandungan likopen pada buah atau sayur ini bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan mencegah risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, aterosklerosis, dan kanker. Lantas, apa saja buah dan sayuran yang mengandung likopen?

Semangka

Semangka mengandung sumber likopen yang tinggi. Kandungan likopen pada semangka diperkirakan mencapai 6,9 milligram per buah.

Semangka mengandung kalium yang membantu melepaskan endapan racun dalam ginjal dan dapat mengurangi asam urat dalam darah.

Ada juga vitamin C yang berperan penting untuk menyembuhkan jaringan ikat dan memproduksi kolagen. Sementara itu, vitamin A dapat membantu memperbaiki sel kulit dan menjaga wajah tetap awet muda.

Kubis Merah

Kubis merah memiliki 1,4 mg likopen yang baik untuk kecantikan kulit. Anda bisa mengonsumsi kubis merah ini sebagai pelengkap kudapan seperti sandwich maupun pendamping hidangan untuk makan.

Kubis merah memiliki kalori yang rendah, kaya air, dan sumber serat makanan. Kandungan serat membuat Anda merasa kenyang tanpa harus mengonsumsi banyak kalori.

Tomat

Tomat juga kaya likopen yang tinggi dan bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda bisa mengonsumsi tomat baik secara langsung maupun diolah terlebih dahulu, seperti jus dan campuran masakan.

Tomat mengandung antioksidan berupa likopen untuk menghambat pertumbuhan dan penyebaran beberapa jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker lambung, dan kanker prostat. Ada juga kandungan karotenoid yang dapat menghambat penyebaran kanker payudara.

Asparagus

Asparagus mengandung 4,3 mg likopen yang cocok digunakan untuk variasi menu makanan, seperti sup, tumisan, ataupun campuran bahan makanan lainnya. Asparagus dikenal sebagai sayuran yang kaya akan nutrisi seperti serat, protein, karbohidrat, zat besi, fosfor, kalium, dan lainnya.

Asparagus mengandung antioksidan yang mampu melindungi sel tubuh akibat paparan radikal bebas. Sayuran kaya serat ini dapat mencegah peningkatan berat badan sehingga cocok untuk menu diet.

Nah itulah beberapa jenis buah dan sayur yang mengandung likopen. Semoga informasi di atas bermanfaat dikutip dari suara.com***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar