Pakai Sistem CAT, 751 Calon PPS se-Pekanbaru Ujian di Laboratorium Umri

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 melaksanakan ujian tes tertulis di laboratorium Universitas Muhammadiyah Riau (Umri), Senin (9/1/2023). Di Pekanbaru, ada 751 calon PPS yang mengikuti ujian tertulis.

Komisioner KPU Kota Pekanbaru Yelli Noviza mengatakan pelaksanaan ujian secara tertulis berbasis komputer atau CAT adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar.

"Dari jumlah peserta ujian CAT sebanyak 751 orang tersebut, 382 orang berjenis kelamin laki laki. Sisanya sebanyak 369 adalah perempuan," kata Yalli.

Yelli menambahkan, pelaksanaan CAT selama 2 hari yaitu pada hari ini, Senin dan Selasa (besok). Tiap hari, ada empat sesi ujian.

"Pelaksanaan ujian tertulis badan adhock PPS Pemilu 2024 di labor komputer Umri Pekanbaru. Satu hari ada 4 sesi, karena jumlahnya memang banyak, maka dilaksanakan dalam dua hari," kata dia.

Kebutuhan PPS untuk Pekanbaru sebanyak 249 orang. Mereka akan ditempatkan di 83 kelurahan di Pekanbaru. Masing-masing kelurahan akan diisi tiga orang PPS.

"Selain 249 kebutuhan PPS itu, kita juga menyiapkan satu kali jumlah kebutuhan untuk dipersiapkan sebagai Calon Pergantian Antar Waktu (PAW). PAW ini untuk mengisi slot yang kemungkinan kosong karena ada PPS yang mengundurkan diri atau berhalangan tetap," papar Yelli.

Yelli berharap proses ujian tertulis CAT berjalan lancar tanpa hambatan. Selain itu terjaring PPS yang kompeten dan berintegritas. Proses ujian tertulis CAT Calon PPS Pekanbaru turut ditinjau jajaran Bawaslu Pekanbaru.

Ada empat komisioner Bawaslu Pekanbaru datang langsung melakukan pengawasan melekat, salah satunya Siti Syamsiah. Jajaran Bawaslu datang untuk memastikan pelaksanaan seleksi sesuai regulasi.

"Kami datang untuk melaksanakan pengawasan melekat, sebagaimana regulasi, dan memang pengawasan juga dilakukan Panwascam," kata Siti Syamsiah.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar