Terekam CCTV, Beruang Madu Mangsa Ternak Milik Warga di Rohil

ROHIL, POTRETRIAU.com - Seekor beruang madu terekam CCTV saat memasuki kebun masyarakat dan memangsa ternak milik warga di Kelurahan Sedinginan, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau juga telah menerima laporan mengenai ternak ayam milik warga yang mangsa oleh satwa tersebut.

Pelaksana harian Kepala BBSKDA Riau, Hartono mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada Selasa (24/1/2023), yang dimana memang ada seekor beruang madu yang memasuki perkebunan masyarakat.

"Beruang tersebut terpantau CCTV memakan ayam milik warga di dalam kandang. Beberapa warga juga melihat satwa tersebut membawa anaknya melintasi perkebunan," ujar Hartono, Kamis (2/2/2023).

Kata Hartono, pihaknya melakukan sosialisi bersama aparat pemerintah desa memberikan pemahaman ke warga untuk tidak berlaku anarkis kepada beruang karena merupakan hewan yang dilindungi.

“Areal di lokasi kemunculan beruang adalah kebun karet dan sawit milik masyarakat. Berdasarkan pemantauan, beruang itu mencari pakan, artinya sumber pakan di kawasan hutan sudah sulit ditemui,” sambungnya.

Dari hasil pemantauan BBKSDA Riau di lapangan selama 3 hari, beruang tersebut memang kerap keluar masuk dari perkebunan milik masyarakat itu.

“Baru tiga hari selama tim di lapangan itu beruang keluar masuk perkebunan masyarakat, dari pengamatan itu beruang sudah dewasa,” pungkasnya.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar