Berikut 8 Rekomendasi Tanaman Bonsai Unik dan Menarik, Cocok Dijadikan Pelengkap Dekorasi Rumah

POTRETRIAU.com - Tanaman bonsai adalah salah satu jenis tanaman hias yang sering disebut sebagai perpaduan kreativitas dengan kesenian alam yang memiliki bentuk unik dan menarik yang dapat menghiasi rumah Anda.

Nama ‘Bonsai’ sendiri berasal dari bahasa Jepang, meski sebenarnya bonsai pertama kali ditemukam di Tingkok.

Namun meski begitu, banyak juga orang di Indonesia yang memiliki tanaman berukuran kerdil yang dirancang sebagai miniatur dari bentuk asli pohon besar ini sebagai pelengkap dekorasi rumah.

Dilansir dari Pojoksatu.id, jika Anda tertarik untuk mengetahui jenis bonsai apa saja yang cocok dijadikan sebagai hiasan atau pelengkap dekorasi rumah, silahkan simak ulasan berikut ini.

1. Bonsai Beringin

Bonsai beringin ini memiliki karakter yang sangat kuat karena mampu hidup hingga ratusan tahun. Bahkan, semakin tua umur pohon ini semakin mengagumkan pula penampilannya.

Hal itu dikarenakan oleh adanya akar-akar yang akan memggantung pada batang pohon tersebut. Adanya bonsai beringin ini, rumah Anda pun akan terasa lebih nyaman dan sejuk.

2. Bonsai Asem Jawa

Bonsai asem Jawa ini memerlukan perawatan yang sedikit rumit seperti harus menyiramnya secara rutin, memangkas, hingga memberikan pupuk organik dan anorganik.

Bonsai yang memiliki ukuran tinggi 42-45 cm ini memiliki batang yang cantik dan bonsai ini bisa berbuah dengan buah yang berbentuk seperti kacang. Selain itu, bonsai ini juga memiliki daun yang rimbun yang sangat indah untuk dijadikan sebagai hiasan rumah.

3. Bonsai Asem Belanda

Selain bonsai asem Jawa, ada juga bonsai asem Belanda yang merupakan salah satu jenis bonsai yang juga menarik.

Bonsai yang sering disebut dengan asem londo ini merupakan pohon berdaun rindang yang memiliki batang dan cabang yang tidak beraturan yang memghadirkan nilai seni yang cantik. Tak jarang orang langsung terpincut saat pertama melihatnya.

Untuk perwatannya pun tergolong sangat mudah. Jadi sangat cocok sekali untuk Anda yang ingin memperindah rumah dengan tanaman yang ribet dari segi perawatanya.

4. Bonsai Sancang

Di alam liar, pohon sancang bisa memiliki ketinggian 7 hingga 8 meter. Sancang ini memiliki daun yang berbentuk seperti telur berukuran panjang kurang lebih 9 cm dan lebar 6cm, serta bisa berbuah yang nerbentuk bulat berwarna hijau dan ungu jika sudah tua.

Pohon sancang ini dapat dijadikan bonsai karena memiliki batang yang bertekstur unik, kokoh dan warnanya pun cerah.

Jika Anda ingin mencoba memelihara bonsai ini, Anda bisa menambahkan beberapa jenis tanaman kecil disekitar potnya agar terlihat semakin indah.

5. Bonsai Kimeng

Pohon Kimeng merupakan salah satu jenis pohon beringin yang dengan mudah sekali tumbuh. Meski demikian, ada yang membedakan kimeng ini dengan jenis beringin lain yaitu pada bagian batang dan ranting yang berwarna pitih cerah.

Jika Anda bisa merawatnya dengan baik, bonsai ini akan terlihat eksotik dan penuh daya tarik yang juga membuatnya memiliki nilai jual yang tinggi.

6. Bonsai Penjing

Bonsai penjing memiliki bentuk yang lucu serta warnanya yang cerah sehingga banyak orang yang tertarik untuk memilikinya.

Harga bonsai penjing ini berbeda-beda, tergantung dari segi ukuran, bentuk, umur dan juga warnanya. Semakin tua bonsai penjing semakin mahal juga harganya.

7. Bonsai Lantana

Tak kalah dengan bonsai lainnya, Bonsai lantana juga banyak diminati. Perawatannya pun terbilang sangat mudah.

Bonsai yang memiliki bunga warna warni ini sangat cocok ditempatkan di rumah untuk memberikan kesan yang asri, estetik dan bahagia. Selain itu, bonsai lantana juga memiliki manfaat bagi kesehatan manusia.

8. Bonsai Kelapa

Salah satu bonsai yang sudah banyak dikenal orang ini memiliki banyak sekali jenis seperti bonsai kelapa gading susu, bonsai kelapa gading merah, dan bonsai kelapa albino.

Bonsai kelapa gading susu biasanya sering digunakan sebagai pengganti tanaman palem di taman depan rumah. Sementara bonsai kelapa gading merah bisa Anda manfaatkan untuk menghias area rumah yang kurang berkarakter.

Sedangkan bonsai kelapa albino yang memiliki warna batang berwarna putih sedikit silver sangat cocok untuk ditempatkan di mana saja sesuai keinginan Anda.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar