Sebanyak 944 Anak di Riau Ajukan Dispensasi Pernikahan Dini, Ini Pemicunya

Ilustrasi

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Sepanjang tahun 2022, Pengadilan Agama Pekanbaru mencatat sebanyak 944 anak di Riau melakukan pengajuan dispensasi pernikahan dini. Hal ini merupakan upaya bagi yang ingin menikah namun belum cukup batas usia.

Humas Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, Muhammad Yusar mengungkapkan ada beberapa faktor yang mendasari dispensasi nikah. Diantaranya pernikahan tidak direstui, hamil duluan, dan pergaulan bebas.

"Pengajuan dispensasi nikah ini diajukan oleh orang tua atau wali anak kepada Pengadilan Agama setempat. Sepanjang 2022, tercatat 944 pengajuan dispensasi perkawinan anak di Riau," kata Yusar, Selasa (14/2/2023).

Yusar menambahkan, dispensasi nikah ini dapat diajukan orangtua atau wali atas anak yang berumur 13 tahun hingga 19 tahun.

Karena berdasarkan Undang-undang Nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan, anak yang belum berusia 19 tahun belum cakap dalam melakukan perbuatan hukum, sehingga tidak bisa mengajukannya sendiri.

Yusar mengungkapkan, dispensasi nikah tak serta-merta langsung dikabulkan. Diperlukan peninjauan akan kelayakan seorang anak untuk berumah tangga.

"Nantinya kelayakan anak yang layak untuk menikah akan ditentukan oleh Pengadilan Agama untuk yang beragama Islam. Sedangkan non muslim diajukan ke Pengadilan Negeri," pungkasnya.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar