Banjir Landa Ibukota Rohul, Air Sungai Telah Rendam Ratusan Rumah dan Jalan Lintas Utama

ROHUL, POTRETRIAU.com - Banjir melanda sejumlah daerah di Ibukota Kabupaten Rokan Hulu Pasir Pangaraian dan sekitarnya, Jumat (24/2/2023). Selain merendam ratusan rumah, banjir juga sudah merendam jalan lintas di kota tersebut.

Dari pantauan di lapangan, banjir disebabkan meluapnya air sungai Barang Lubuh, pasca hujan lebat yang melanda Rokan Hulu sejak kamis malam hingga Jumat pagi tadi.

Ketinggian air juga menunjukkan peningkatan dan diprediksi akan semakin meningkat mengingat cuaca mendung dan akan turun hujan.

Ada beberapa desa yang sudah digenangi banjir masing-masing Desa Pematang Berangan Dusun Tulang Gajah dimana ketinggian air di pemukiman warga di daerah tersebut sudah mencapai 70 cm dan sudah ada 26 KK yang rumahnya terendam banjir. Selain itu, fasilitas umum seperti masjid Ubuidiyah juga ikut terendam banjir.

"Iya terus naik ni bang air Sungai Batang Lubuhnya, kalau nggak salah tadi naiknya ke permukiman warga sekitar pukul 7.30 pagi, dan terus naik," ujar Syafri salah seorang warga Dusun Tulang Gajah.

Daerah lain yang ikut terendam banjir yaitu lingkungan Tanjung Harapan Kelurahan, Pasir Pengaraian dimana ketinggian air di daerah tersebut lebih kurang 50 sampai 100 cm, dan terdapat 70 rumah warga yang sudah di genangi air sungai.

Daerah selanjutnya yang tergenang banjir yaitu Dusun Pawan, Desa Rambah Tengah Utara ketinggian air dipemukiman warga lebih kurang 100 cm dan banjir sudah merendam sekitar 40 rumah kepala keluarga.

Daerah terparah yang digenangi banjir adalah Desa Babusalam dimana ketinggian air di pemukiman warga sudah mencapai 50 - 100 cm, akan tetapi air terus mengalami kenaikan. Di Desa Babusalam banjir sudah merendam 100 KK dan fasilitas umum seperti sekolah dan mesjid.

Banjir Rendam Jalan Utama Ibukota

Selain merendam ratusan pemukiman warga, banjir juga sudah merendam Jalan Tuanku Tambusai, sebagai jalan utama di Kota Pasir Pangaraian. Diperkirakan panjang jalan yang terendam banjir mencapai 1 Km dengan ketinggian air banjir di mencapai selutut orang dewasa.

Meski tergolong sudah tinggi namun belum ada penutupan jalan yang dilakukan oleh Kepolisian maupun Dinas Perhubungan Rohul. Tak sedikit pengendara roda dua yang kendaraannya mogok karena memaksa menerobos jalan yang sudah digenangi air.

Hingga berita ini diturunkan, ketinggian air masih terus naik, meski demikian belum nampak adanya pendirian posko pengungsian untuk mengantisipasi air sungai Batang Lubuh terus naik.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar