DPRD Riau Pertanyakan Usulan Tiga Kubupaten Baru Jelang Pemilu

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Syafaruddin Poti menyoroti turunnya tim pemekaran DPR RI ke Provinsi Riau untuk menyusun naskah akademik pembentukan tiga kabupaten baru yakni Indragiri Utara, Indragiri Selatan serta Gunung Sahilan.

"Sudah turun tim pemekaran dari DPR RI. Kami di DPRD Riau sifatnya hanya memfasilitasi. Karena wacana pemekaran Indragiri Utara dan Selatan termasuk Gunung Sahilan ini merupakan inisiatif anggota DPR RI. Sehingga mereka menurunkan tim dalam pembentukan naskah akademis," kata Poti.

Poti mengaku heran mengapa usulan pemekaran baru mencuat jelang pelaksanaan Pemilihan umum (Pemilu) 2024 nanti. Meski begitu, dia berharap tidak ada unsur lain.

"Kenapa jelang pemilu muncul, ini yang menjadi pertanyaan kita. Tapi kita berharap mudah-mudahan niat yang tulus tidak ada unsur lain," kata dia.

Dia menambahkan saat bertemu dengan tim tersebut, mereka bermaksud mencari data pendukung untuk pembuatan naskah akademis dan juga turun ke daerah memberikan masukan.

"Menurut tim itu rencana pemekaran sudah hampir 20 tahun lebih. Seperti Gunung Sahilan, sudah tiga kali pergantian ketua tim, karena meninggal tapi pemekaran ini prosesnya belum selesai," kata dia. 

Sementara itu, Anggota Komisi I DPRD Riau Mardianto Manan mengatakan usulan pemekaran kabupaten/kota harus melalui kajian yang matang untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya 

"Ada usulan untuk dimekarkan, sebenarnya sah-sah saja. Untuk melakukan pemekaran jangan hanya sekedar euforia takutnya tidak mampu di kemudian hari. Harus ada kajian yang sangat elok," kata Mardianto Manan beberapa waktu lalu. 

Dia menegaskan pemekaran wilayah tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan studi kelayakan untuk memastikan road map pembangunan kabupaten baru tersebut. Dibutuhkan studi kelayakan tersebut mencakup kajian ekonomi dan sosial baik untuk kota yang akan dimekarkan dan yang akan ditinggalkan***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar