Jumlah Puskesmas dan Ambulans di Pekanbaru Belum Mencukupi

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Puskesmas, sebagai salah satu pusat pelayanan kesehatan yang penting, harusnya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sekitarnya begitu juga ketersediaan ambulans dan Puskesmas Keliling (Puskel). Namun, hal tersebut belum terpenuhi dengan baik di Kota Pekanbaru.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih, secara rasio, 1 Puskesmas harus mampu menangani sekitar 30.000 penduduk. Dengan jumlah penduduk Kota Pekanbaru yang mencapai sekitar 1 juta orang, idealnya harus ada 36 Puskesmas. Namun, kenyataannya hanya ada 21 Puskesmas yang tersedia di Kota Pekanbaru.

Namun, hal tersebut belum terpenuhi dengan baik di Kota Pekanbaru. Oleh karena itu, Diskes Kota Pekanbaru sudah mencoba mengajukan penambahan unit ambulance. Tahun depan, mereka berencana mengusulkan agar ada penambahan lima unit ambulance. Harapannya, usulan tersebut dapat disetujui dan dianggarkan di APBD tahun depan.

"Kita harapkan ada penambahan ambulance ini bisa disetujui dan dianggarkan di APBD tahun depan. Per unitnya berkisar Rp500 juta," ujar Zaini Rizaldy pada Selasa (7/3/2023).

Dengan adanya penambahan unit ambulance, diharapkan masyarakat Kota Pekanbaru dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang lebih baik dan cepat. Diskes Kota Pekanbaru akan terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar