Sebesar Rp. 87,4 milyar Pemprov Riau Alokasikan Perbaikan Jalan di Inhu

INHU, POTRETRIAU.com - Pemerintah Provinsi Riau mengalokasikan Rp87,4 miliar untuk pembangunan atau perbaikan jalan yang rusak di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) karena dilewati oleh truk-truk mengangkut batu bara yang over kapasitas (Odol=Over Dimension Over Load) itu.

"Pemrov Riau berupaya melakukan perbaikan jalan yang rusak setelah sebelum itu sudah menyurati perusahaan batu bara agar tidak lagi menggunakan jalur darat untuk mengangkut komoditas non migas Riau dan harus menggunakan jalur sungai saja," kata Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Riau, Erisman Yahya dalam keterangannya di Pekanbaru Minggu.

Erisman mengatakan selain menyurati perusahaan bahkan Gubernur Riau Syamsuar juga sudah pernah melakukan inspeksi mendadak ke salah satu perusahaan batu bara di Inhu untuk memastikan truk-truk batu bara yang melebihi kapasitas muat atau disebut kendaraan Odol itu.

Ia mengatakan Pemprov Riau itu terus berupaya memperingatkan perusahaan agar tidak mengangkut batu bara melebihi kapasitas namun tidak penindakan secara hukum.

"Kalau penindakan secara hukum adalah kewenangan aparat penegak hukum," katanya.

Pemrov Riau melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Provinsi Riaui sedang melaksanakan pembangunan dan perbaikan jalan di wilayah Inhu, dan sebagian jalan dibangun itu adalah jalan-jalan yang dilalui oleh truk melalui APBD Riau tahun 2023.

Sementara itu total anggaran membiayai pembangunan jalan tersebut sebesar Rp87,4 miliar dengan rekapitulasi kegiatan bidang Bina Marga tahun anggaran 2023 di Kabupaten Inhil adalah pembangunan jalan Peranap-Simpang Ifa sepanjang 1 km dengan dana Rp9,2 miliar, Pembangunan jalan Lubuk Kandis-Pangkalan Kasai sepanjang 1 km dengan dana Rp9,2 miliar.

Rekonstruksi/peningkatan kapasitas struktur jalan Rengat-Kuala Cinaku (batas Inhil) sepanjang 2 km dengan dana Rp16.000.000.000, rekonstruksi/peningkatan kapasitas struktur jalan Cerenti (batas Inhu)-Air Molek sepanjang 2 km dengan dana Rp16.000.000.000 dan sepanjang 1.25 km dengan dana Rp11.512.500.000.

Rekonstruksi/peningkatan kapasitas struktur jalan Air Molek-Simpang Japura sepanjang 0,20 km dengan dana Rp1,6 miliar dan sepanjang 0,20 km dengan dana Rp1,8 miliar. Rekonstruksi/peningkatan kapasitas struktur jalan Batu Gajah-Sei Karas sepanjang 1 km dengan dana Rp9,2 miliar.

Pembangunan jembatan Sei Camp Kubu pada ruas jalan Lubuk Jambi-Simpang Ibul-Simpang Ifa sepanjang 26.00 meter dengan dana Rp12,8 miliar.

"Berdasarkan informasi Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau jalan Cerenti Air Molek yang diperbaiki adalah sepanjang 2 km dirigid. Begitu juga di ruas Peranap sebagian dirigid dan sebagian lagi diaspal," katanya. 


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar