Tim Khusus Berhasil Menangkap Kembali Sepuluh Tahanan, Empat Pelaku Terpaksa Ditembak

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Dalam rentang waktu sepuluh hari, Tim Khusus berhasil mengungkap kisah menarik di Kota Pekanbaru. Pada tanggal 10 Agustus, sejumlah tahanan yang melarikan diri mencuri perhatian, tetapi pada tanggal 20 Agustus, upaya pelarian mereka berhasil digagalkan oleh tim dan mereka berhasil ditangkap kembali.

Kombes Pol Jefri RP Siagian, Kapolresta Pekanbaru, bersama Kombes Asep Darmawan, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Riau, mengungkapkan bahwa para pelaku melarikan diri memiliki inisial RR alias Hendra, RNY alias Amek, RF alias Rido, MA, HI, SC alias Steven, DS alias Soni, NW, serta A alias Amir Ambon dan DP.

"Empat dari kesepuluh tahanan yang kabur, yaitu NO, A, DP, dan DS, terpaksa kami berlakukan tindakan tembakan tegas dan terukur," ungkap Jefri pada Minggu (20/8/2023) sore.

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh Kepolisian, pelaku utama, yaitu A alias Amir Ambon, merupakan dalang di balik pelarian 10 tahanan dari Polsek Rumbai.

"Amir Ambon adalah otak di balik pelarian ini. Dialah yang merencanakan seluruh aksi ini, dengan cara menggali toilet tahanan yang akhirnya mengarah ke septiktank," terang Jefri.

Jefri juga memaparkan bahwa dari kesepuluh tahanan yang melarikan diri, satu pelaku dengan inisial NO nekat melakukan aksi pencurian dengan kekerasan (curas).

"Salah satu di antara mereka, yaitu NO, setelah berhasil melarikan diri dari tahanan, terlibat dalam aksi curas di wilayah Kecamatan Rumbai Pekanbaru," tambahnya.

Diwaktu bersamaan, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Riau, Kombes Pol Asep Darmawan mengatakan seluruh tahanan berhasil ditangkap di berbagai wilayah di Riau dan Sumatera Barat.

"Para pelaku berhasil ditangkap di beberapa wilayah, termasuk Pekanbaru, Bengkalis, Pelalawan, dan Sumatera Barat," tutup Asep.

Sebagai informasi, insiden ini dimulai ketika sepuluh tahanan dari Polsek Rumbai berhasil melarikan diri pada tanggal 10 Agustus 2023.

Namun dalam waktu sepuluh hari, Tim Khusus berhasil menangkap seluruh pelarian tersebut. Tim tersebut di bawah arahan Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirum) dengan tekun mengungkap dan mengejar para pelaku.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar