Bulan November Renovasi Pasar Bawah Pekanbaru Dimulai

Pasar Bawah Pekanbaru

PEKANBARU,POTRETRIAU.com - Renovasi Pasar Bawah akan dimulai pada bulan November 2023 mendatang. Sebelum pembangunan, terlebih dahulu seluruh pedagang yang ada di pasar tersebut akan dipindahkan ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) di kawasan eks Pelabuhan Pelindo.

"Seluruh pedagang akan dipindahkan pada tanggal 1 November mendatang. Setelah itu langsung dilanjutkan dengan renovasi," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Kamis (12/10/2023).

Ia mengatakan saat ini tempat penampungan yang disiapkan bagi para pedagang telah selesai dibangun dan sudah bisa ditempati. Namun sebelum dipindahkan, pihaknya akan memberikan sosialisasi terlebih dahulu kepada para pedagang.

"Rencananya tanggal 23 bulan ini kita akan sosialisasi agar nanti para pedagang ini dapat kita pindahkan ke TPS. Jadi, nanti serentak tanggal 1 November sudah pindah. Karena setelah itu nanti juga sudah langsung dimulai pekerjaan (renovasi)," Cakapnya.

Ditargetkan, renovasi Pasar Bawah oleh PT AAS tuntas dalam waktu satu tahun.

"Jadi harapan kita, 1 November tahun depan (2024), kita sudah punya wajah Pasar Bawah yang baru," tutupnya.

Seperti diketahui, Pemko Pekanbaru sudah menjalin Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) pengelolaan Pasar Bawah dengan PT Ali Akbar Sejahtera (AAS) terhitung 12 April 2023 lalu. Sesuai kontrak kerjasama, PT AAS akan mengelola Pasar Bawah selama 30 tahun ke depan.

Dari kerja sama itu, Pemko Pekanbaru mendapat dua pendapatan. Pertama, kontribusi tetap yang harus dibayar oleh PT AAS kepada Pemko Pekanbaru sebesar Rp677 juta pada tahun pertama. Nilai kontribusi ini naik 3 persen setiap tahun hingga masa kontrak 30 tahun.

Kemudian pendapatan yang kedua, Pemko Pekanbaru akan mendapat bagi hasil sebesar 63,51 persen setiap tahun dari pengelolaan gedung.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar