Kasus PMK Hewan Ternak di Riau Nihil

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak di Provinsi Riau per 31 Desember 2022 nihil kasus.

"Alhamdulillah kasus wabah PMK di Provinsi Riau sudah nol per 31 Desember 2022," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau, Herman, Ahad (1/1/2023).

Dengan begitu, lanjut Herman, hewan ternak yang sebelumnya terkonfirmasi PMK saat ini sudah sehat semua setelah ditangani oleh petugas kesehatan hewan.

"Terakhir pada tanggal 28 Desember 2022 masih 70 kasus, dengan rincian Kabupaten Siak 69 kasus, dan Kabupaten Bengkalis 1 kasus. Namun Ahamdulillah saat ini sudah sehat semua," terangnya.

Meski kasus PMK di Riau sudah tidak ada lagi, namun Pemprov Riau melalui Dinas PKH Riau masih menerapkan pemeriksaan hewan ternak di perbatasan provinsi.

"Walaupun tidak ada kasus lagi, tapi kita tetap memberlakukan pemeriksaan dan memperketat lalu lintas ternak di perbatasan. Ini untuk mengantisipasi hewan ternak terkonfirmasi PMK masuk ke Riau," ujarnya.

Untuk diketahui, sejak wabah PMK merebak di Provinsi Riau, sedikitnya ada 4.922 hewan ternak terpapar. Dimana dari ribuan kasus terdapat 32 hewan ternak mati dan 33 hewan ternak dipotong paksa.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar