Rambut Berminyak, 5 Tips Mudah Mengatasinya

POTRETRIAU.com - Rambut berminyak atau lepek merupakan salah satu permasalahan rambut yang dialami banyak orang. Selain membuat tidak nyaman, juga membuat kepercayaan diri jadi menurun karena bikin penampilan jadi tampak kusam.

Rambut berminyak sendiri, dipicu karena produksi berlebihan minyak alami oleh kelenjar sebaceous di kulit kepala sebagai penyebab utama. Tapi jangan cemas, ada beberapa langkah yang dapat membantu Anda mengatasi masalah rambut berminyak, simak paparannya berikut ini sebagaimana dilansir dari Healthline, Senin (16/10/2023).

1. Keramas setiap hari: Jarang atau terlalu sering keramas dapat menyebabkan rambut berminyak. Namun, jika Anda memiliki rambut berminyak, keramas setiap hari dapat menghindarkan dari rambut yang berminyak.

Sebagai catatan, cukup satu kali sehari, karena jika lebih lebih dari sekali dalam sehari dapat menyebabkan kelenjar kulit kepala bereaksi berlebihan dan menghasilkan lebih banyak minyak.

2. Perlakukan secara lembut: Saat keramas gosok kulit kepala dengan lembut memakai jari-jari secara lembut. Jangan terlalu kasar atau keras, karena menggosok kulit kepala secara berlebihan dan menyebabkan kelenjar memproduksi lebih banyak sebum.

Bilas sampai bersih sebelum keluar dari kamar mandi. Sisa sampo atau kondisioner bisa membuat lapisan tipis pada rambut sehingga terasa berminyak.

3. Pakai kondisioner dengan tepat: Ujung rambut mungkin memerlukan sedikit perhatian ekstra, tetapi kulit kepala tidak butuh diberi kondisioner, karena bisa menjadi lebih berminyak. Jangan aplikasikan kondisioner pada kulit kepala, cukup aplikasikan dan pijat di bagian ujung rambut.

4. Jangan menyentuh rambut terlalu sering: Cobalah untuk tidak menyisir atau menyentuh rambut lebih dari yang diperlukan. Sering menyisir dapat merangsang kelenjar untuk menghasilkan lebih banyak sebum.

5. Hindari produk oil based: Jika rambut sudah menghasilkan minyak berlebih, hindari pemakaian produk penata rambut berbahan dasar minyak terbaik. Gunakan hair spray atau mousse untuk menata rambut tanpa membebani rambut atau menambah minyak.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar