Tersaji Minuman Khas Melayu Riau Saat Presiden Jamu Tiga Calon Presiden, Ini Namanya

POTRETRIAU.com - Suasana hangat diselingi perbincangan akrab terlihat saat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menjamu makan siang tiga bakal calon presiden RI di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/10/2023) siang.

Yang membuat tambah menarik dalam pertemuan empat tokoh bangsa tersebut adalah menu yang disajikan. Salahsatunya adalah minuman khas masyarakat Melayu Riau, Es Laksamana Mengamuk.

Untuk diketahui siang tadi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjamu makan siang tiga capres yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Makan siang tersebut berlangsung sekitar pukul 12.30 WIB tadi. Baik Presiden maupun ketiga capres terlihat mengenakan baju batik dan duduk di meja bundar.

Di sebelah kiri Jokowi terlihat duduk Prabowo Subianto dengan batik coklat, sedangkan di sebelah kanannya duduk Ganjar Pranowo dengan batik kemerahan.

Sementara, Anies Baswedan yang berpakaian batik coklat tua duduk berhadapan langsung dengan Jokowi.

Lantas apa menu yang disajikan tuan rumah Presiden Joko Widodo untuk ketiga tamunya tersebut?

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana kepada media mengatakan, ada sejumlah menu dari berbagai daerah yang disajikan seperti ayam kodok, soto lamongan dan kaylan cah sapi, sapi lada hitam, bebek panggang, cumi goreng, udang goreng telur asin. Tersaji pula Es Laksamana Mengamuk.

"Menu makan siang bapak Presiden dengan tiga bakal calon presiden hari ini di Istana Merdeka diantaranya Es Laksamana Mengamuk," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

Es Laksamana Mengamuk adalah minuman khas asal Riau. Minuman ini terdiri dari mangga atau kuini yang dicampur dengan santan ditambah gula dan es. Selain itu juga bisa ditambahkan dengan kelapa muda dan biji selasih. ***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar