Harga Cabai Lagi Mahal, Jebolan MasterChef Ini Beberkan Tips Menyimpannya agar Tak Cepat Busuk

POTRETRIAU.com - Kenaikan harga cabai, memang membuat banyak orang terpaksa mengemat penggunaan cabai mereka. Berdasarkan data daftar harga dari website Badan Pangan Nasional, rata-rata harga cabai merah keriting hari ini mencapai Rp 59.850 per kg.

Angka tersebut meningkat 1,22% dibandingkan minggu lalu. Sementara untuk cabai rawit merah, harga rata-rata per hari ini adalah Rp 71.810 per kg, naik 1,61% dibandingkan minggu lalu.

Oleh karena itu, bukan hanya mensiasati cabai bukan hanya ketika menggunakannya saja, tapi juga ketika menyimpan. Kita pun perlu pintar-pintar dalam mengawetkan cabai agar tidak cepat busuk, dan tetap bisa digunakan untuk memasak.

Pemenang kompetisi memasak MasterChef musim kedua, Desi Trisnawati, mengatakan agar cabai tidak cepat busuk, harus dijaga dalam keadaan kering dan tidak basah. “Simpan (cabai) dalam kondisi kering, tidak lembab,” kata Desi seperti dilansir dari Antara.

Penggunaan cabai yang busuk atau tidak tepat akan mengubah rasa masakan. Selain itu, cabai yang tidak segar juga berisiko mengandung bakteri yang berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi.

“Rasanya pasti akan berubah dan ada risiko bakteri yang ada akan menyebabkan keracunan makanan. Ini berlaku untuk bahan apa pun yang sudah tidak segar lagi,” kata Desi.

Cabai rawit yang mempunyai nama latin Capsicum annum L, merupakan bumbu masakan yang rasanya tidak dapat digantikan oleh bumbu lainnya. Rasa cabai yang segar dan pedas mampu merangsang nafsu makan masyarakat.

Selain menggunakan cabai rawit segar, Desi mengatakan cabai kering juga bisa memberikan sensasi pedas serupa. Namun jika Anda kesulitan membeli cabai, Desi menawarkan alternatif bumbu masak yang mampu menimbulkan sensasi pedas, yakni jahe dan merica. “Tidak ada yang bisa menggantikan keunikan rasa cabai, tapi bisa diganti dengan bumbu kuat seperti jahe dan merica, tapi pedasnya berbeda,” kata Desi.

DIa pun memberikan saran ketika memilih cabai di pasar, usahakan memilih yang masih segar, tanpa flek hitam. Pilih juga cabai yang keras dan tidak lembek, menandakan cabai sudah busuk. Paprika juga dapat disimpan di lemari es asalkan ditutup dengan bahan pengering atau ditempatkan dalam kotak berisi udara.

 


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar