Mantan Menko Perekonomian dan Menko Maritim Rizal Ramli Wafat

Rizal Ramli.

POTRETRIAU.com - Mantan Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian yang juga mantan Menko Maritim dan Menteri Keuangan (Menkeu), Rizal Ramli, wafat, Selasa (2/1/2024) malam.

Dikutip dari Republika.co.id, ekonom senior tersebut menghembuskan nafas terakhirnya saat dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) pukul 19.30 WIB.

"Innalillahi wa inna illaihi rojiuun. Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Kami segenap keluarga memohon maaf jika ada kesalahan beliau selama hidupnya," demikian pesan singkat keluarga korban dikutip dari akun X Teguh Santosa seperti dikonfirmasi Republika.co.id 

Kabar meninggal Rizal Ramli sudah menyebar di X atau dulu disebut Twitter.  "Innalillahi wa innailaihi rojiun, selamat jalan Pak Rizal Ramli, Indonesia berduka," tulis mantan penyidik KPK Yudhi Purnomo Harahap lewat akunnya. 

Rizal Ramli yang lahir di Padang, Sumatera Barat itu dikenal sebagai tokoh cukup kritis terhadap pemerintah. Rizal berulangkali melontarkan kritik tajam terkait masalah ekonom yang dihadapi negara ini. 

Dikutip dari Bisnis.com, Rizal Ramli merupakan mantan Menko Perekonomian era Presiden Abdurahman Wahid atau Gus Dur. Di era Jokowi, dia juga sempat menjabat Menteri Maritim periode 2015-2016.

Dilansir ekon.go.id, Rizal Ramli lahir di Padang, Sumatera Barat, pada tanggal 10 Desember 1954. Dia terkenal sebagai tokoh pergerakan mahasiswa, ahli ekonomi dan politisi Indonesia.

Di tingkat internasional, Rizal pernah diberikan mandat sebagai anggota tim panel penasehat ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersama beberapa tokoh ekonom dari berbagai negara lainnya.

Rizal Ramli sempat menolak jabatan sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Economic & Social Commission of Asia and Pacific (ESCAP) yang ditawarkan PBB pada November 2013. Pasalnya, dia ingin fokus mengabdi pada negara dan bangsa Indonesia.

Rizal Ramli pernah menjabat Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog), Menteri Koordinator Perekonomian, Menteri Maritim dan Menteri Keuangan.

Riwayat Pendidikan:

- S-1 Jurusan Teknik Fisika, Institut Teknologi Bandung

- Doktor Ekonomi di Boston University.***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar