Jelang Pemilu, 53 TPS di Riau Masih Terendam Banjir

Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Banjir yang hingga kini masih melanda sejumlah kawasan di Riau, sejauh ini belum bisa dipastikan kapan akan berakhir. Kondisi ini juga diperkirakan bakal berdampak terhadap kelancaran pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang.

Kondisi itu tak ditampik Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yasir. Menurutnya, dari laporan yang diterima pihaknya, ada sekitar 53 lokasi yang akan dijadikan Tempat Pemungutan Suara (TPS), saat ini masih terendam banjir.

"Ketinggian air di Sejumlah lokasi untuk TPS itu cukup tinggi," terangnya sembari mengibaratkan air setinggi pinggang orang dewasa.

"Sehingga tidak memungkinkan bila di lokasi itu didirikan TPS karena masyarakat pemilih juga akan kesulitan," terangnya lagi, Senin (5/2/2024) .

Diterangkannya lagi, puluhan TPS itu tersebar di beberapa kabupaten, yakni Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir dan Indragiri Hulu. "Karena lokasinya memang tidak jauh dari aliran sungai," tambahnya.

Saat ini, pihaknya masih mencoba mencari solusi supaya pelaksanaan Pemilu di tempat-tempat itu tidak sampai tertunda. Salah satu solusi yang akan dilakukan, bisa saja petugas KPPS yang nantinya akan mendatangi pemilih. "Memang ada aturan yang membolehkan penundaan pemungutan suara karena faktor-faktor yang luar biasa. Namun kita tetap mengupayakan itu tidak sampai terjadi," terangnya.

Kondisi ini juga sudah diketahui Gubernur Riau. Karena itu, pihaknya bersama Pemprov Riau juga akan mengupayakan solusi terbaik. "Kalau lokasi TPS-nya dipindahkan ke desa lain yang tidak terendam banjir, ini juga akan menyulitkan pemilih karena jaraknya cukup jauh, " tetangnya lagi.

Segera Disalurkan

Sementara itu, terkait logistik Pemilu, pihaknya juga terus jalan. Saat ini, sedang dilakukan proses penyegelan. Sebelumnya proses peking telah selesai dilaksanakan.

Bila tidak ada aral melintang, logistik Pemilu tersebut akan segera disakrkan mulai 7 Februari 2024 mendatang. Dimulai dari kawasan yang jaraknya jauh dari Pekanbaru seperti Indragiri Hilir dan Rupat Utara di Kabupaten Bengkalis.

Selanjutnya proses pengiriman akan berlanjut hingga 13 Februari 2024. "Kita harapkan semua proses berjalan lancar. Sehingga pada hari H nanti, semua bisa berjalan dengan baik," ujarnya lagi.

Untuk diketahui, pada Pemilu 2024 kali ini, total ada sebanyak 19.366 TPS yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Riau. Sedangkan total pemilih tercatat sebanyak 4.732.174 orang. ***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar