Hari Ini Pawai Bendera Merah Putih HUT TNI ke-73 Bertolak ke Pekanbaru Di iringi Jet Tempur

POTRETRIAU.COM - Pawai bendera (flag relay) dalam rangkaian HUT TNI ke-73 akan singgah di kota besar berikutnya. Hari ini, Sabtu pagi, 29 September 2018, iring-iringan pawai bendera akan bertolak ke Pekanbaru untuk melanjutkan 'misinya'.

Pekanbaru menjadi kota ketiga yang akan disinggahi pawai bendera HUT TNI, setelah sehari sebelumnya kegiatan pawai dimulai dari Tugu Kilometer Nol Sabang dan diarak menuju Kota Banda Aceh di hari yang sama.

Rombongan bertolak ke Pekanbaru dengan pesawat Boeing 737 milik TNI Angkatan Udara menuju Lanud Ruoesmin Nurjadin Pekanbaru. Rencananya pesawat yang membawa rombongan pawai bendera HUT TNI itu akan dikawal dengan pesawat tempur.

"Rencana memang juga ada pengawalan demikian, namun nanti kami cek ulang. Karena kemarin sudah ada penegasan demikian," kata Panglima Kodam Sultan Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko usai menerima pawai bendera di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Jumat, 28 September 2018.

Soal pengawalan jet tempur TNI AU ini juga telah dikonfirmasi langsung Komandan Lanud Iskandar Muda (IM) Kolonel Nav Indrastanto Setiawan. Menurutnya, pesawat tempur akan mengawal pesawat yang membawa rombongan pawai bendera menuju Pekanbaru.

"Tapi (pesawat tempurnya) tidak dari sini, nanti dari sana ada titik temunya," ujar Danlanud IM Kolonel Nav Indrastanto di Lapangan Blang Padang.

Pawai bendera ini juga melibatkan masyarakat, organisasi kemasyarakatan dan prajurit TNI dari tiga Satuan Setingkat Kompi (SSK).

Arak-arakan ini juga disambut baik oleh Plt Gubernur Aceh dan disaksikan masyarakat yang tumpah ruah di jalanan, dari kawasan Simpang Lima hingga Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Pangdam IM mengaku sengaja membuat penyambutan sederhana dengan tidak menghilangkan kearifan lokal yang ada di Aceh. Misalnya di Sabang, anggota TNI menggelar doa bersama dengan 44 alim ulama di Tugu Nol Kilometer Sabang, sebelum diberangkatkan ke Banda Aceh. Setelah itu, penyambutan rombongan juga disambut dengan Tari Saman.

"Kita juga kombinasikan antara kearifan lokal dan disiplin keprajuritan yang dikemas sedemikian rupa dan sangat rapi, dan mengangkat kearifan lokal," ujarnya.

Pawai bendera dalam rangka HUT TNI dimulai hari ini dengan titik start Tugu Kilometer Nol Sabang. Sejumlah kota besar di Indonesia juga akan disinggahi seperti Pekanbaru, Palembang, Solo, Surabaya, Balikpapan, Manado, Kupang, Ambon, Sorong dan berakhir di Merauke

 


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar