Cara-cara Atasi ' Ngorok ' yang Parah

POTRETRIAU.com - Tidur di sebelah orang yang selalu mendengkur adalah sebuah siksaan. Bukan itu saja, orang yang mendengkur dan juga orang di sekitarnya juga bakal sulit tidur nyenyak.

Sering dianggap sebagai tanda tidur nyenyak, mendengkur sebenarnya adalah masalah kesehatan. Orang yang selalu mendengkur setiap malam beresiko menderita penyakit jantung dalam jangka panjang.

Ada banyak cara menghentikan kebiasaan ngorok ini. Simak tips dari dokter pengobatan tidur Rita Aouad, seperti dirangkum dari situs Men's Health ini:

1. Pastikan bukan gangguan kesehatan

Mendengkur terjadi ketika udara tak dapat mengalir dengan lancar melalui saluran belakang hidung dan mulut.

Menurut Aouad, ini terkadang bisa menjadi tanda sleep apnea obstruktif yang akan menyebabkan kadar oksigen dalam tubuh menurun.

Kondisi ini dapat menyebabkan penurunan kualitas tidur, kantuk di siang hari yang berlebihan, peningkatan risiko tekanan darah tinggi, diabetes, depres, stroke dan penyakit jantung.

"Penyakit ini bisa diobati dengan memberi tekanan saluran udara positif berkelanjutan atau memakai alat CPAP untuk menjaga jalan napas tetap terbuka saat tidur," tambahnya.

Konsultasikan dengan dokter ahli pengobatan tidur untuk menentukan apakah kebiasaan mendengkur kamu merupakan sleep apnea atau bukan.

2. Memakai nasal strip atau dilator nasal

Alat-alat seperti nasa strip dapat membantu memperlebar saluran hidung, membuat udara lebih mudah mengalir tanpa terhalang.

Nasal strip bekerja dengan cara ditempelkan di luar hidung. Alat ini bekerja dengan menarik saluran udara agar terbuka.

Sementara itu, dilator nasal bekerja dengan memasukannya ke lubang hidung dan mendorong perlahan saluran udara agar terbuka.

3. Corong anti mendengkur

Menurut Aouad, alat anti mendengkur ini juga efektif. Alat ini biasanya bekerja dengan membantu kita agar bernapas lebih mudah untuk mencegah dengkuran.

4. Ubah posisi tidur

Cegah mendengkur dengan menghindari tidur dalam posisi telentang. Menurutnya, posisi ini seringkali memperparah dengkuran.

Beberapa ahli bahkan menyarankan untuk menjahit kantung di bagian belakang piyama dan meletakkan bola tenis di dalamnya. Cara ini dilakukan agar kita merasa tak nyaman saat tubuh tidur dalam posisi telentang.

5. Hindari alkohol sebelum tidur

Jauhi alkohol dan obat penenang di malam hari.

"Alkohol dan obat penenang adalah depresan pernapasan yang dapat memperburuk dengkuran," kata Aouad.

6. Gunakan spray nasal atau obat alergi saat sakit

Ketika hidung tersumbat, pasti sangat sulit untuk menarik udara melalui saluran napas.

Menurut American Academy of Otolaryngology, ini menciptakan tarikan udara berlebih di tenggorokan, yang menyebabkan jaringan lunak saling bertabrakan dan menghasilkan dengkuran.

7. Operasi

Pilihlah cara ini sebagai jalan terakhir. Menurutnya, pembedahan mungkin menjadi pilihan tetapi saat semua yang sudah dilakukan gagal.

Menurutnya, jika saluran nafas atas adalah penyebab dengkuran, maka operasi seperti uvulopalatopharyngeoplasty (UP3) untuk membuka jalan pernapasan dapat dipertimbangkan sebagai jalan keluar.

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui risiko dan manfaat operasi ini.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar