Pompa Intake PDAM Rusak Karna Tersangkut Sampah, Distribusi Air Bersih di Kota Rengat Terhambat

RENGAT - Ratusan pelanggan PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Tirta Indra yang berada di wilayah Kota Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, mengeluh karena pendistribusian air bersih macet. Ternyata ada kerusakan pada pompa intake akibat tersumbat sampah pasca banjir.

Sementara itu Dirut PDAM Tirta Indra, Alfian Rachmad saat dikonfirmasi membenarkan sedang ada gangguan. ''Kami mohon maaf, karena semuanya diluar dugaan kami,'' ujar Alfian.

Disebutkan Alfian, terganggunya pendistribusian air bersih ke rumah warga disebabkan tidak berfungsinya salah satu pompa intake atau pompa pengangkat air baku yang berada di KM 4, Kelurahan Kampung dagang Rengat.

''Kerusakan pompa tersebut akibat banyaknya tumpukan sampah yang menyumbat pasca banjir beberapa waktu lalu. Sampah dan potongan kayu yang terbawa arus banjir itu, juga menghantam jembatan pompa yang berada di tengah sungai,'' tutur Alfian.

Kendati  demikian, sebut Alfian, saat ini kondisi mesin pompa yang rusak sudah selesai diperbaiki dan sudah kembali beroperasi. Dan pendistribuaian air sudah kembali dilakukan secara bertahap.

''Begitu perbaikan selesai, pendistribusian air ke rumah pelanggan sudah kembali berjalan lancar walau sampai sekarang airnya masih terkesan kurang bersih. Kami harap pelanggan dapat memakluminya,'' tutup mantan Ketua KPU Inhu itu. ***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar