Bupati Meranti Sebut Nilai SAKIP Meranti Naik Menjadi B Plus, Terbaik Se-Kabupaten Kota di Riau

POTRETRIAU.com - Sebuah prestasi membanggakan bakal diterima oleh Kabupaten Kepulauan Meranti, dimana Pemerintah Kabupaten Termuda di Riau ini meraih nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) BB atau B Plus, dari sebelumnya meraih nilai SAKIP B, hal itu disampaikan Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si didampingi Kabag Humas dan Protokol Sekda Meranti Hery Saputra SH, usai penyerahkan DPA OPD dilngkungan Pemkab. Meranti di Aula Kantor Bupati, Senin pagi (14/1/2019).

"Alhandulillah nilai SAKIP kita mengalami peningkatan dari B menjadi BB, dan ini menjadikan Meranti sebagai Kabupaten peraih nilai SAKIP tertinggi di Provinsi Riau," ucap Bupati.

Saat ini dijelaskan Bupati Irwan dalam rangka peningkatan Nilai SAKIP Meranti itu, Kepala Bappeda H. Makmun Murod dan Inspektor Meranti Drs. Suhendri M.Si tengah melakukan pertemuan dengan pihak Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam rangka finalisasi.

"Saat ini Kepala Bappeda dan Inspektor Meranti sedang berada di Kementrian PAN RB untuk melakukan finalisasi," jelas Bupati.

Dengan diraihnya nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 'BB'. ini merupakan nilai terbaik Se-Kabupaten Kota yang ada di Riau, hasil itu merupakan Laporan Hasil Evaluasi Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB) RI, dan Rapor SAKIP itu akan diserahkan oleh pihak Kemen PAN RB dalam acara penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) Kabupaten Kota Wilayah Sumatera, Banten dan Jawa Barat nantinya.

Dikatakan Bupati dengan diraihny Nilai SAKIP Meranti BB atau B Plus, diakui belum sesuai dengan target sebelumnya yakni 'A' namun hal itu sudah cukup membanggakan. 

Dan itu adalah bukti komitmen Pemda Meranti yang dengan sungguh-sunguh berusaha memperbaiki nilai SAKIP.

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh OPD yang telah bekerja serius untuk bekerja lebih keras lagi dalam menyempurnakan Laporan Akuntabilitas Keuangan Instansi Pemerintah, agar kedepan targat LHE AKIP 'A' dapat tercapai. "Semoga tahun depan meskipun berat kita dapat meraih LHE AKIP 'A'," imbuh Bupati lagi.

Seperti diketahui penilaian SAKIP oleh Kemen PAN RB ini untuk mengetahui seberapa baik Pemerintah Daerah melakukan efisiensi program dan anggaran, sehingga apa yang menjadi tujuan dan sasaran program kegiatan dapat tercapai. Dengan demikian pemborosan dapat dihindari dan outcome pun jelas.

Dan dalam rangka memperbaiki masalah Akuntabilitas Pelaporan Keuangan dan Kinerja Pelayanan Publik. Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si mengintruksikan kepada seluruh OPD dapat melaksanakan program kegiatan secara akuntable, cepat, tepat sasaran, serta efisien yang berdampak langsung terhadap pembangunan daerah, baik dari segi infrastruktur maupun sumberdaya manusia yang didukung dengan pelaporan keuangan dan dokumentasi real dilapangan dan itu berdampak pada peningkatan nilai SAKIP Kabupaten Kepulauan Meranti. ***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar