Zulaikhah Apresiasi Lomba Tabak di Desa Sungai Luar Sebagai Bentuk Pelestarian Budaya

Zulaikhah Wardan saat Menyampaikan Sambutan di Yasinan Akbar Desa Sungai Luar. (Foto: Popy/ Humas)

INHIL, POTRETRIAU.com - Ketua PC Muslimat NU Inhil, H Zulaikhah Wardan SSos ME menghadiri Yasinan Akbar di Mesjid Al-Mujahidin Desa Sungai Luar untuk yang ke tiga kalinya, Rabu (23/1). Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang digagas oleh kelompok-kelompok yasinan yang ada di Desa Sungai Luar, Kecamatan Batang Tuaka.

Didampingi Istri Wakil Bupati Inhil Hj Lela Syamsuddin Uti dan pengurus PC Muslimat NU Inhil, Zulaikhah Wardan memberi apresiasi kepada kelompok yasinan Desa Sungai Luar yang konsisten melaksanakan kegiatan ini.

Kali ini, yasinan akbar tersebut disejalankan dengan kegiatan khatam Al-Qur'an dan lomba tabak yang diikuti oleh 10 kelompok yasinan yang ada di Desa Sungai Luar.

Terkait lomba tabak tersebut, wanita yang akrab disapa Ikha ini mengungkapkan rasa bangganya terhadap kelompok yasinan Desa Sungai Luar, karena Desa Sungai Luar dapat menjadi pelopor lomba tabak di Inhil. 

"Kelompok yasinan di Desa Sungai Luar ini aktif sekali. Tugas kita adalah membantu pemerintah melalui Muslimat nu sebagai organisasi keagamaan. Kita harus bersinergi dengan pemerintah melakukan kegiatan keagamaan. Ini sudah luar biasa. Tabaknya bagus-bagus sekali. Ini pertama kali dilakukan oleh kelompok yasinan yang ada di Inhil. Mengangkat budaya seperti lomba tabak ini untuk melestarikan budaya kita. Ini sejalan dengan program pemerintah. Saya harap desa-desa lain dapat mencontoh Desa Sungai Luar ini," papar Ibunda Kabupaten Inhil ini. 

Turut hadir dalam kesempatan itu Camat Batang Tuaka H Marpoyanto, Hj Amiratussaliha selaku penceramah, Ketua PAC Muslimat NU Kecamatan Batang Tuaka Hj Nurafni, Kepala Desa Sungai Luar, Ketua dan Pengurus Pimpinan Ranting Muslimat NU se-Kecamatan Batang Tuaka, serta masyarakat setempat. 

Atas nama Pemcam Batang Tuaka, Marpoyanto mengucapkan selamat datang kepada Ketua Muslimat NU Inhil beserta rombongan. Dirinya mengaku berkomitmen untuk terus menggelar lomba tabak setiap tahunnya karena ada piala bergilir. 

"Terimakasih Ibu Ketua PC Muslimat NU sudah hadir di sini. Kegiatan ini akan dilaksanakan setiap tahun karena ada piala bergilir dari Ketua PAC Muslimat NU Kecamatan Batang Tuaka," pungkasnya. 

Untuk tahun pertama ini, piala bergilir tersebut berhasil diboyong oleh Kelompok Yasinan Ar-Raudhah.***

 


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar