Pemprov Riau Tetap Beli 13 Mobil Operasional Toyota Alphard dan Fortuner, Ini Alasannya

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tetap akan melakukan pengadaan kendaraan operasional pimpinan dan Forkompinda Riau sebanyak 13 unit. 

Pengadaan kendaraan operasional dinilai sangat penting, mengingat mobilitas yang cukup tinggi dan harus didukung dengan kendaraan operasional yang layak. 

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto mengatakan, jika pengadaan kendaraan operasional yang dialokasikan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Riau 2022 sesuai kebutuhan. 

"Iya, memang kita akan melakukan pengadaan kendaraan operasional di perubahan. Ini karena kita sudah lama tidak melakukan pengadaan kendaraan operasional. Terakhir itu kita untuk kendaraan operasional pimpinan, itu tahun 2013 dan kendaraan operasional Forkompinda tahun 2016. Jadi sudah cukup lama," katanya.

Jika kendaraan operasional tersebut digunakan, lanjut SF Hariyanto, tentu biaya perawatan yang dikeluarkan cukup tinggi. Di samping itu, nilai ekonomis kendaraan semakin lama semakin turun. 

"Karena semakin lama digunakan, kendaraan itu makin besar biaya perawatannya, kemudian nilai jualnya pun semakin rendah. Contoh kemarin kita lakukan lelang kendaraan dinas, dari 20-an unit, hanya 12 unit yang laku dan sisa tidak mau orang beli," terangnya. 

Untuk itu, sebut SF Hariyanto, sudah selayaknya Pemprov Riau melakukan pengadaan kendaraan operasional mengingat mobilitas cukup tinggi. 

"Kalau kita bandingkan dengan kendaraan dinas milik Pemko Pekanbaru kita ketinggalan. Coba lihat itu, mobil mereka baru-baru tahun 2020-an. Sedangkan mobilitas kita cukup tinggi, 12 kabupaten/kota yang harus dikelilingi. Tentu itu harus didukung juga kendaraan operasional yang layak," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, kendaraan dinas pimpinan yang akan dibeli Pemprov Riau merupakan mobil Toyota Alphard sebanyak 2 unit. Kemudian kendaraan operasional Forkompinda Riau sebanyak jenis Toyota Fortuner lebih kurang 10 unit. Lalu, kendaraan operasional tamu jenis Toyota Alphard 1 unit.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar