Kasus Gagal Ginjal Misterius Pada Anak Tak Ditemukan Di Pekanbaru

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru belum menemukan kasus gagal ginjal misterius pada anak. Mereka menegaskan hingga kini belum menerima laporan terkait kasus gagal ginjal misterius tersebut. 

"Sampai dengan saat ini belum ada, jadi kita pastikan kasus itu belum ditemukan di Kota Pekanbaru," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Rabu 26 Oktober 2022. 

Dirinya mengatakan, tim dari Dinas Kesehatan sempat mendeteksi kasus yang diduga gagal ginjal pada anak. Ia menyebut, dinas awalnya mencurigai ada kasus itu. Namun mereka memastikan bukan kasus gagal ginjal misterius.

Zaini menyebut pihaknya masih melakukan koordinasi untuk memantau ke sejumlah sarana kesehatan. Mereka melakukan pemantauan guna mencegah adanya obat sirup yang dilarang tapi belum ditarik. 

"Kita bahas segera, kita segera melakukan pemantauan ke lapangan bersama," ungkapnya. 

Zaini mengimbau agar masyarakat tidak panik dengan munculnya penyakit ginjal misterius pada anak. Ia mengimbau masyarakat bisa melapor ke layanan kesehatan bila mendapati kasus ginjal misterius pada anak. 

Mereka bisa menjalani pemeriksaan medis agar diperoleh diagnosa terhadap anak tersebut. Ia mengingatkan masyarakat agar tidak sembarangan memberikan obat atau ramuan tradisional kepada anak. 

"Obat atau ramuan sembarangan bisa saja memperberat kerja ginjal anak," jelasnya.

Dirinya menyarankan agar orangtua konsultasi dengan dokter bila hendak memberikan obat medis kepada anak yang sedang sakit. Ia juga menilai anak -anak juga harus mengkonsumsi makanan yang bergizi.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar