Pengiriman Minyak Saingan Terhambat, Harga CPO Naik Dan Jadi Incaran

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Dinas Perkebunan Provinsi Riau mencatat, harga minyak kelapa sawit Crude Palm Oil (CPO) acuan pada pekan ini terpantau cerah bergairah. 

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Defris Hatmaja mengatakan hal ini membuat harga Tandan Buah Segar di Provinsi mengalami kenaikan sepekan ke depan menjadi Rp2.819,68/kg

"Kenaikan harga CPO disebabkan adanya gangguan pasokan minyak saingan yakni biji bunga matahari di Amerika Selatan dan Ukraina," kata Defris, Selasa 8 November 2022. 

Defris mengatakan naiknya CPO dikarenakan minyak sawit dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak terkait karena mereka bersaing untuk mendapatkan bagian di pasar minyak nabati global. Bila pasokan minyak saingan terganggu, maka CPO menjadi pilihan.

"Terkerek naiknya harga CPO terjadi karena gangguan pasokan minyak saingan di Amerika Selatan dan Ukraina serta memicu kekhawatiran atas pasokan global," imbuhnya. 

Tak hanya itu saja, Defris menyebut harga CPO yang naik juga akibat ulah Rusia yang memboikot perjanjian gandum di Laut Hitam. 

"Sehingga menghambat lalu lintas kapal gandum dan biji-bijian Ukraina dan membuat kekhawatiran akan pasokan minyak biji matahari," pungkasnya. ***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar