Panen bawang merah 1,5 ton, Bupati Meranti : Tak perlu beli lagi dari Malaysia

MERANTI,POTRETRIAU.com - Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil ikut panen raya bawang merah sebanyak 1,5 ton dari Kelompok Tani (Poktan) Berkat Usaha Desa Teluk Samak Kecamatan Rangsang, Kamis.

Jumlah panen tersebut berasal dari lahan seluas satu hektare dengan bibit berasal dari bantuan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kepulauan Meranti.

Kepala Desa Teluk Samak Baharin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, khususnya Bupati Adil yang telah hadir dalam kegiatan panen tersebut.

"Alhamdulillah, bawang merah di Desa Teluk Samak sangat menjanjikan. Selama 60-70 hari bawang merah sudah bisa dipanen," ucap Baharin.

Sementara itu, Bupati Muhammad Adil menyampaikan apresiasi kepada Poktan Berkat Usaha yang telah berhasil mengembangkan dan memberi kontribusi nyata dalam meningkatkan produksi bawang merah di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dia juga menyinggung terkait lahan yang aktif seluas 80 dari 110 hektare, dan hanya satu hektare yang digunakan untuk perkebunan bawang merah.

"Saran saya kalau kita mau bisnis, tanamannya jangan belang-belang kalau bisa bawang semuanya biar investor datang ke mari, tak perlu bawang dari Malaysia lagi," kata Bupati Adil.

Selain itu, untuk meningkatkan kapasitas petani, ia berharap kepada anak-anak para petani agar bisa belajar dan berkuliah di sekolah pertanian.

"Kalau tidak mau jauh, ada Institut Teknologi dan Sains Meranti di Selatpanjang," tuturnya.

Dia juga mengucapkan selamat kepada ketua dan anggota kelompok tani, umumnya para petani di Desa Teluk Samak yang telah berhasil memetik jerih payahnya melalui panen bawang merah tersebut.

"Semoga usaha yang dilakukan sukses dan lebih maju ke depannya sehingga bisa lebih meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani di sini serta menjadi motivasi bagi petani-petani lainnya," tutup Adil.

Tampak dalam kegiatan panen raya tersebut, pimpinan sejumlah OPD, Camat Rangsang, Kapolsek Rangsang, Babinsa, Kepala Desa Dwi tunggal, Ketua Poktan beserta anggota, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar