Argentina Jadi Raja Adu Penalti Piala Dunia usai Singkirkan Belanda

POTRETRIAU.com - Argentina sukses melangkah ke semifinal Piala Dunia 2022, setelah menyingkirkan Belanda. Albiceleste mampu mengalahkan Belanda melalui drama adu penalti 4-3 (2-2) dalam laga perempat final di Iconic Lusail Stadium, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB.

Dua gol kemenangan Timnas Argentina dicetak oleh Nahuel Molina pada babak pertama dan Lionel Messi di paruh kedua. Belanda yang cukup superior selama fase grup dan babak 16 besar, tak berkutik meladeni permainan tim Tango.

Sementara dua gol Belanda diciptakan oleh Weghorst seluruhnya terjadi pada babak kedua. Berkat kemenangan ini, Timnas Argentina berhasil menembus babak semifinal Piala Dunia 2022. Pasukan Lionel Scaloni akan berjumpa Kroasia yang mampu menyingkirkan Brasil.

Partai semifinal Piala Dunia 2022 antara Kroasia melawan Argentina akan digelar di Lusail Iconic Stadium, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB. Kini ada fakta terbaru bahwa Argentina menjadi tim paling banyak menang melalui drama adu penalti sepanjang sejarah Piala Dunia.

Dramatis

Penentuan pemenang kedua tim berlangsung dramatis di babak adu penalti. Penendang pertama Belanda, Virgil van Dijk gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Bola tendangan keras kaki kananya diblok oleh Emiliano Martinez.

Lionel Messi sukses membuat Argentina unggul setelah mencetak gol sebagai eksekutor pertama untuk timnya. Emiliano Martinez kembali menepis tendangan penalti kedua Belanda, Steven Berghuis.

Leandro Paredes sebagai eksekutor kedua Argentina sukses menjalankan tugas dengan baik dan membuat timnya unggul 2-0. Teun Koopmeiners membuat Belanda memperkecil kedudukan 1-2 sebagai eksekutor ketiga.

Gonzalo Montiel maju sebagai ekskutor ketiga Argentina dan sukses mencetak gol. Disusul penalti keempat Belanda yang berhasil dijalankan dengan baik oleh Wout Weghorst.

Adapun eksekutor keempat Argentina, Enzo Fernandez gagal menciptakan gol membuat skor sama. Luuk De Jong membuat skor sama 3-3 sebagai algojo terakhir. Namun Lautaro Martinez akhirnya menjadi pahlawan Argentina setelah mencetak gol dan membuat skor akhir 4-3.

Raja Adu Penalti

Soal adu penalti, Argentina tak bisa disepelekan begitu saja. FIFA mencatat Argentina saat ini jadi raja adu penalti. Selama Piala Dunia, Argentina telah melakukan adu penalti enam kali, dengan lima kemenangan.

“Argentina kini telah memenangkan adu penalti lebih banyak daripada negara lain dalam sejarah Piala Dunia, yaitu sebanyak lima kali,” demikian postingan dari Squawka setelah keberhasilan Argentina mengalahkan Belanda, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB.

Argentina hanya mencatakan sekali kalah dalam babak adu penalti di Piala Dunia. Tepatnya pada edisi 2006. Kala itu Lionel Messi yang masih belia bersama rekan-rekannya kalah 2-4 dari tuan rumah Jerman dalam adu tos-tosan.

Ungguli Kroasia

Kroasia sempat menyamai pencapaian Argentina dalam urusan memenangkan pertandingan dengan cara adu penalti. Tim berjulukan Vatreni baru saja menyingkirkan Brasil di perempat final Piala Dunia 2022.

Kroasia tercatat sudah empat kali memenangkan laga lewat drama adu penalti sepanjang sejarah keikutsertaan di Piala Dunia. Catatan itu antara lain menang atas Kroasia (3-2) pada 16 besar edisi 2018 di Rusia, mengalahkan Rusia (4-3) di babak perempat final 2018.

Kemudian pada edisi 2022 kali ini di Qatar, Kroasia juga sudah dua kali menang melalui drama adu penalti. Masing-masing menang atas Jepang 3-1 ( 16 besar) dan baru saja mendepak Brasil dengan skor 4-2 di babak perempat final.

Statistik Argentina Sebagai Raja Adu Penalti di Piala Dunia

Argentina Vs Belanda di semifinal Piala Dunia 2014, menang 4-2

Argentina Vs Inggris di babak 16 besar Piala Dunia 1998, menang 4-3

Argentina Vs Italia di semi-final Piala Dunia 1990, menang 4-3

Argentina Vs Yugoslavia di perempat final Piala Dunia 1990, menang 3-2

Argentina Vs Belanda di perempat final Piala Dunia 2022, menang 4-3


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar