Jika Harga Bahan Pokok Naik Jelang Nataru, DPRD Pekanbaru Sebut Terindikasi Ada Permainan

PEKANBARU, POTRETRIAU.com- DPRD Kota Pekanbaru meminta agar Pemko terus menjaga kestabilan harga bahan-bahan pokok menjelang perayaaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ir Nofrizal mengatakan, bahwa Pemko Pekanbaru juga harus dapat mengawasi jalur pendistribusian bahan-bahan pokok.

"Saya rasa, kalau terjadi kenaikan harga jelang Nataru itu bukan karena tingginya biaya operasional, tapi karena adanya permainan. Inilah yang harus diantipasi oleh pemerintah," kata Nofrizal, Ahad (18/12/2022).

Ia menyarankan, dalam mengantisipasi kenaikan harga sembako ini pemerintah harus berupaya penuh mengontrol jalur distribusi agar tidak terus merangkak naik.

"Ketika terjadi lonjakan harga, para petani itu tidak mendapatkan keuntungan yang sepadan dengan harga yang mengalami kenaikan karena itu terjadinya di jalur distribusi. Kita harapkan kenaikan harga itu tidak terjadi pada masyarakat," imbuhnya

Ia juga melihat bahwa jalur Pekanbaru-Sumbar sedang perbaikan jalan dan akhir tahun, hal tersebut mungkin bisa saja terjadi kenaikan karena adanya buka tutup jalan.

"Itulah yang menyebabkan ongkos tranportasi mahal sehingga harga sembako itu melambung naik," sambungnya.

Politisi PAN ini juga mengingatkan Pemko Pekanbaru untuk mewaspadai adanya lonjakan harga sejumlah komoditi pangan yang sewaktu-waktu bisa merangkak naik.

"Khususnya di akhir tahun ini, pemerintah harus waspada. Jangan hanya berpatokan pada ketersediaan stok barang saja, tapi dilihat juga berapa jumlah potensi para petani dan peternak yang di Provinsi Riau dan provinsi tetangga," pungkasnya.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar