Jejak Harimau Terlihat di Kampung Merempan Hulu Siak, BBKSDA akan Kerahkan Drone

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Tim gabungan masih melakukan mitigasi interaksi negatif Harimau Sumatera di Kelurahan Sungai Mempura, Kampung Merempan Hilir, Kabupaten Siak.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Genman S. Hasibuan mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat di Kelurahan Sungai Mempura untuk mengetahui informasi pergerakan Harimau dan berencana melakukan pemantauan dari udara menggunakan drone.

"Informasi didapatkan bahwa di wilayahnya belum ada laporan mengenai tanda-tanda keberadaan harimau sumatera, akan tetapi pihak Kelurahan Sungai Mempura mengatakan bahwa di Kampung Merempan Hilir mendapatkan laporan bahwa warganya ada yang melihat jejak di perkebunan masyarakat," kata Genman, Sabtu (28/1/2023).

Kemudian tim gabungan bergerak ke Kampung Merempan Hilir. Di sana didapat informasi bahwa ada jejak diduga harimau yang ditemukan warga di kebun sawit.

"Tim melakukan kroscek via telepon dibenarkan Bhabinkamtibmas Kampung Merempan Hulu bahwa memang ada warga yang melapor adanya terlihat jejak Harimau di Kampung Merempan Hulu akan tetapi warga yang memberikan informasi belum dapat dihubungi dikarenakan masih bekerja di kebun dan tidak ada sinyal telepon seluler," imbuhnya.

Lanjutnya, tim gabungan masih menunggu kejelasannya untuk segera melakukan observasi di Kampung Merempan Hulu.

"Diperkirakan Harimau sudah mengarah ke wilayah hutan SM Giam Siak Kecil dimana habitatnya berada. Namun Tim tetap memantau dan membutuhkan informasi untuk keberadaan satwa dilindungi tersebut ke aparat terdekat atau ke call centre Balai Besar KSDA Riau di nomor 081374742981," pungkasnya.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar