Kakanwil Kemenkumhan Riau Ungkap Keresahannya Bersama Insan Pers

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau menyadari peranan media dewasa ini bukan sekadar sebagai sumber informasi, melainkan sebagai tempat berdialog yang dapat mempengaruhi cara pandang masyarakat terhadap organisasi.

Untuk itu, Kanwil Kemenkumham Riau senantiasa menjaga hubungan baik dengan media agar kinerja yang telah dilaksanakan dengan penuh integritas dapat tersampaikan dengan baik tanpa terpengaruh sumber-sumber yang tidak terpercaya. 

Dikemas dengan obrolan santai ditemani minuman dan camilan ringan, Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan Riau M Jahari Sitepu mengutarakan keresahannya terkait peredaran informasi yang bertransformasi ibarat pisau bermata dua.

Pada satu sisi kemudahan teknologi informasi dewasa ini dapat membantu masyarakat mendapatkan informasi dalam waktu yang lebih cepat dan dapat diakses di mana saja. Namun, di lain sisi, hal ini dapat menjadi sesuatu yang berbahaya, terutama jika ada oknum- oknum yang tidak bertanggungjawab dengan sengaja menyebar hoaks untuk menjatuhkan martabat instansi tertentu.

"Untuk itulah, kami tetap membutuhkan 'kekuatan' rekan-rekan sekalian melalui tulisan-tulisan yang aktual dan terpercaya dapat meluruskan berita-berita menyimpang yang beredar di masyarakat,” kata Jahari.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Kepala Divisi Administrasi Johan Manurung, Kepala Divisi Pemasyarakatan Mulyadi, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Edison Manik, Pelaksana Harian Kepala Divisi Keimigrasian Irwanto, Kepala Bagian Program dan Humas Sabar Tarida Uli Gultom serta Kepala Subbagian Humas, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi Koko Syawaluddin Sitorus di tengah-tengah awak media yang berkumpul di ruang rapat Kakanwil Kemenkumham Riau.

“Bagi kami, media bukan sekadar alat, bukan pula objek, melainkan partner, sahabat dan rekan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi. Semua pengabdian kami bagi nusa dan bangsa menjadi lebih berarti ketika saudara sekalian turut ikut andil dalam menyebarluaskannya.

Bukan karena kami ingin mendapat pengakuan sebagai Abdi Negara yang bermartabat, melainkan karena kami ingin seluruh tugas dan fungsi kami dapat dipahami oleh masyarakat dan dimanfaatkan oleh masyarakat serta memberi manfaat dalam mensejahterakan masyarakat. Baik itu kinerja di bidang Pemasyarakatan, Keimigrasian, sampai kepada Pelayanan Hukum dan HAM,” lanjut Kakanwil.

Awak media ketika memberi pendapat menyampaikan apresiasi mereka terhadap transparansi serta sinergitas yang terjalin dengan Kanwil Kemenkumham Riau hingga saat ini. “Kami sangat mengapresiasi ketika Pak Kakanwil bahkan siap untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kami meski di tengah malam.

Alangkah baiknya jika seluruh jajaran di bawah binaan bapak juga dapat melakukan hal yang sama. Sehingga ketika ada pemberitaan yang butuh konfirmasi, kami bisa mendapatkan narasumber yang terpercaya,” sebut Raja, salah seorang pemburu berita.

Di sisi lain, Ari selaku wartawan senior menambahkan bahwa pada dasarnya pers selalu siap apabila diundang untuk mengikuti kegiatan-kegiatan konferensi pers dari satuan kerja. “Jika ada klarifikasi, launching dan kegiatan sosialisasi yang perlu disebarluaskan kepada masyarakat, satuan kerja boleh membuat klarifikasi melalui konferensi pers dan kami siap untuk memberitakannya,” ujarnya.

Kakanwil menyatakan kesiapan jajarannya untuk menampung setiap saran dan masukan yang membangun dari insan media dan berharap hubungan harmonis ini dapat terjalin semakin erat ke depannya.***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar