Ibu Hamil Melahirkan di Bawah Puing Bangunan Gempa Turki, Begini Nasib Bayinya

POTRETRIAU.com - Banyak cerita pilu dari Turki dan Suriah setelah gempa dahsyat mengguncang pada Senin pagi. Gempa berkekuatan 7,8 magnitudo itu menelan ribuan korban jiwa di kedua negara.

Proses pencarian dan evakuasi korban yang masih terjebak reruntuhan bangunan yang ambruk masih berlangsung.

Di kota Aleppo, Suriah, seorang perempuan melahirkan saat terjebak di bawah puing-puing bangunan yang ambruk. Seorang pengguna Twitter mengunggah sebuah video terkait kejadian tersebut.

Seorang perempuan yang identitasnya belum diungkapkan itu ditemukan meninggal. Namun bayinya ditemukan dan selamat, dikutip dari laman Greek City Times, Selasa (7/2/2023).

Di kota Kahramanmaras, Turki, salah satu kota yang paling terdampak gempa, tim evakuasi berusaha menyelamatkan seorang perempuan 24 tahun yang terjebak di bawah puing-puing selama 27 jam.

Proses evakuasi dan pencarian mengalami kendala karena hujan deras dan salju di Turki selatan dan Suriah utara, membuat kondisi daerah tersebut sangat dingin.

Di Gaziantep, Turki, lokasi gempa pertama, suhunya bisa mencapai 4-6 derajat Celsius pada siang hari dan minus 7 derajat Celcius bahkan sampai minus 15 derajat Celcius pada malam hari di daerah dan desa di dekat pegunungan.

Pejabat di Badan Penanggulangan Bencana dan Kedaruratan Turki (AFAD), Orhan Tatar mengatakan, jumlah korban tewas telah mencapai 3.381 orang. Korban luka sebanyak 20.426, dan bangunan yang hancur sebanyak 5.775 unit. Total korban tewas di Suriah dan Turki menjadi 4.890.

Tangis Kesedihan Iringi Proses Pencarian Korban Gempa di Turki dan Suriah AFAD menyampaikan, 2.660 personel dari 65 negara dikerahkan untuk membantu upaya pencarian dan evakuasi. Bersama dengan tim SAR Turki, kini ada 13.740 orang yang ditugaskan di daerah bencana. Mereka menggunakan 629 unit derek atau alat berat dan 360 kendaraan.***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar