Riau Siap Jadi Tuan Rumah Porwil XI Sumatera

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Pemerintah Provinsi Riau mendukung rencana KONI Riau untuk menjadi daerah berjuluk Bumi Lancang Kuning itu menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI se Sumatera tahun 2023.

Sebelumnya, Pemprov Riau telah menerima pengajuan tuan rumah Porprov dari KONI Riau, termasuk pengajuan besaran anggaran pelaksanaan Porprov.

“Pada prinsipnya kita tidak keberatan ditunjuk sebagai tuan rumah Porwil, tapi sesuai mekanisme penunjukan dari KONI pusat, dari sisi lainnya kita mendukung. Kita menerima surat pengajuan dari KONI Riau sebagai tuan rumah," ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau, Boby Rahmat, Rabu (15/2/2023).

"Selanjutnya kita akan membalas surat dari KONI Riau dan ditembuskan ke KONI pusat. Inilah yang akan menjadi dasar Riau menjadi tuan rumah Porwil. Kita bicara administrasi ini dulu untuk kelengkapannya,” tambahnya.

Dijelaskan Boby, setelah mendapatkan kepastian dari KONI pusat terkait penunjukan Riau sebagai tuan rumah. Selanjutnya Pemprov akan berkoordinasi kembali dengan KONI Riau.

Koordinasi ini terkait dengan penyelenggaraan Porprov mulai dari ketersediaan anggaran sampai dengan persiapan venue pertandingan. Di mana Riau memiliki venue dengan standar Internasional.

“Dari surat balasan Pemprov inilah difasilitasi dengan surat KONI Riau ke KONI pusat, untuk mendapatkan surat resmi penunjukan Riau sebagai tuan rumah Porprov. Kita selesaikan dulu dengan dasar pelaksanaan, kalau didapat legalitasnya baru kita bahas khusus. Prinsipnya kita sudah menerima surat dari KONI Riau, terkait usulan KONI artinya kita tidak keberatan sebagai salah satu calon tuan rumah Porwil dan bagaimana prosesnya dan mekanisme,” kata Boby.

“Secara venue semua sudah fungsional, tapi akan ada nanti beberapa yang perlu jadi perhatian contoh venue atletik lintasan mulai menurun kualitasnya, dan kita carikan solusinya. Untuk yang lainnya mana yang perlu perbaikan sisi mana yang perlu disiapkan, akan kita siapkan,” tambah Boby.

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Riau, Edi Satria, menjelaskan, pihaknya sudah mengadakan pertemuan dengan Dispora, termasuk dengan DPRD Riau, terkait dengan kesiapan Riau sebagai tuan rumah Porwil XI. Sesuai dengan hasil pertemuan Ketua umum KONI pusat, Ketua umum KONI Riau dan Gubernur Riau, bahwa Riau siap untuk menjadi tuan rumah Porprov.

“Sesuai dengan arahan Gubernur kita diminta menyiapkan proposal besaran anggaran yang dibutuhkan. Dan kita sudah menyiapkannya sudah disampaikan ke Dispora. Selanjutnya, kita akan menyampaikan surat dari Pemprov Riau untuk diteruskan ke KONI pusat, tentunya surat penunjukan Riau sebagai tuan rumah,” kata Edi Satria.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar