Siapkan Generasi Qur'ani, Gubernur Syamsuar launching Maqari

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar resmi meluncurkan Majelis Al-Quran Riau (Maqari) di Gedung Daerah Balai Serindit, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Senin (20/02/2023).

Maqari tersebut merupakan sebagai upaya dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk melahirkan generasi muda Riau Qurani yang berwawasan kebangsaan.

Pada acara launching yang bertema Iftitah Maqari tersebut tampak hadir Organisasi Perangkat Daerah Pemprov Riau, dan Pemerintah Kabupaten/Kota, jajaran Forkopimda serta para ulama majelis quran di Saudi Arabia yang terhubung melalui virtual.

Mengawali pertemuan ini, Direktur Maqari, Mustafa Umar mengakatan sekarang ini merupakan peserta majelis quran angkatan pertama terdiri dari 20 orang anak yang sudah menghafal 30 juz.

“Kemudian sebagian besar dari mereka bukan hanya hafal Alquran 30 juz tetapi juga mengetahui kedudukan ayat di dalam Alquran apabila kita baca pangkal ayat mereka ini akan dapat menyambungnya,” katanya.

Mustafa menjelaskan peserta maqari ini juga apabila di uji, mereka mengetahui letak bacaan dari surat mana, halaman berapa, ayat ke berapa, kanan atau kiri dari halaman al-qur'an atas atau bawah.

Ia menambahkan, dengan adanya majelis al-quran di Provinsi Riau ini generasi kedepannya dapat menjadi penerus yang menguasai ilmu syar’i dan ilmu sosial.

“ Alhamdulillah mereka telah menguasainya. Mudah-mudahan mereka ini akan menjadi ulama-ulama besar bukan hanya dalam ilmu-ilmu syar'i tetapi juga dalam ilmu-ilmu yang dikuasai biasa ini oleh profesional umum,” jelasnya.

Sementara itu, Gubri Syamsuar menerangkan bahwa pembentukan dari majelis qur'an ini merupakan satu dari berbagai banyaknya tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2005-2025.

Visi Pembangunan Jangka Panjang Daerah Provinsi Riau 2005-2025 adalah Terwujudnya Provinsi Riau sebagai Pusat Perekonomian dan Kebudayaan Melayu dalam Lingkungan Masyarakat yang Agamis, Sejahtera Lahir dan Batin, di Asia Tenggara Tahun 2025:

Oleh karena itulah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024 yang merupakan pengejawantahan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Riau saat ini dalam perkembangan bidang keagamaan.

“Dengan begitu ditetapkan misi yaitu mewujudkan sumber daya manusia yang beriman berkualitas dan budaya lain Global melalui pembangunan Majelis Quran Riau sebagai upaya percepatan pembangunan Quran center,” terangnya.

Orang nomor satu di Provinsi Riau ini, mengungkapkan Pemprov Riau siap bekerjasama dengan Saudi Arabia dalam berbagai bidang untuk menjadikan pusat Alquran di Riau menjadi rujukan pengambilan sanad untuk Asia Tenggara.

“Siap bekerjasama dalam berbagai bidang untuk menjadikan pusat Alquran di Riau menjadi rujukan dari pemangambilan sanad Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Bukan saja untuk Indonesia bahkan untuk Asia Tenggara. Ini berkat usaha dan kerja keras kita semua serta dukungan dari Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Riau,” ungkapnya.

Dirinya menuturkan, dari hasil pembelajaran Alquran Maqari anak-anak Hafiz ini diberikan beasiswa untuk belajar di Universitas terkemuka di luar negeri dan dalam negeri dengan jurusan berbagai ilmu agama, IT, Bisnis, Sains dan Teknologi.

“ Demikianlah yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini semoga Insyaallah Maqari ini juga ridho Allah subhanahu wa ta'ala diberikan kemudahan dalam rangka untuk mempersiapkan generasi yang qurani dan mudah-mudahan juga memiliki ilmu yang luar biasa baik dalam ilmu agama termasuk juga ilmu IT bisnis dan juga sains dan teknologi.” pungkasnya.***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar