Makanan yang Sebaiknya Tidak Dimakan saat Buka Puasa dan Sahur

POTRETRIAU.com - Sebanyak 5 makanan yang tidak boleh dimakan saat buka puasa dan sahur akan dibahas dalam artikel ini. Saat berpuasa konsumsi makanan yang dipilih dapat memengaruhi energi yang akan dibutuhkan untuk aktivitas sehari penuh.

Namun, setelah berpuasa seharian tak jarang mengalami godaan untuk makan berlebihan selama buka puasa dan sahur. Selain itu, pilihan makanan yang dipilih jika salah juga dapat merugikan diri sendiri.

Berikut 5 makanan yang tidak boleh dimakan saat buka puasa dan sahur dilansir dari berbagai sumber:

1. Makanan berlemak dan gorengan

Secara umum ahli gizi menyarankan selama bulan Ramadhan, untuk menghindari makan makanan berlemak dan gorengan. Sebab, lemak jenuh yang ada terkandung terakumulasi dengan cepat oleh tubuh.

Tak hanya itu, mengonsumsi makanan berlemak setelah berjam-jam berpuasa dapat menyebabkan masalah perut seperti mulas dan gangguan pencernaan.

2. Makanan tinggi gula

Ahli gizi merekomendasikan untuk menghindari makanan yang mengandung gula yang tinggi sebab rendah gizi. Selain itu, makanan ini kaya akan kalori tinggi yang berubah menjadi lemak yang dapat menumpuk dan menyebabkan penambahan berat badan

3. Makanan tinggi karbohidrat sederhana atau olahan

Makanan yang termasuk kue kering, roti, dan sejenisnya dapat meningkatkan rasa kenyang tidak lebih dari 4 jam. Jika dikonsumsi saat puasa dapat membuat Anda cepat merasa lapar.

4. Makanan asin

Ketidakseimbangan kadar natrium dalam tubuh membuat Anda sangat haus saat berpuasa. Oleh sebab itu, usahakan untuk menghindari kacang asin, acar, kentang goreng, dan segala jenis makanan yang mengandung garam tinggi.

5. Jus olahan

Salah satu kebiasaan buruk di meja buka puasa dan sahur adalah adanya jus olahan dan minuman ringan yang umumnya mengandung kadar gula tinggi. Ini dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Kebiasaan berbahaya ini juga dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, selain kembung dan gas yang menyebabkan gangguan pencernaan. Para ahli menyarankan untuk konsumsi air minum atau air kelapa sebagai alternatif ideal selama berpuasa.

Itulah 5 makanan yang tidak boleh dimakan saat buka puasa dan sahur yang wajib diketahui.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar