Dalam Mengantisipasi Ginjal Akut Misterius, Anggota DPRD Rohil Sudirman Minta Diskes Proaktif

ROHIL, POTRETRIAU.com - Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hilir Sudirman Ugil,  mengimbau kepada pihak terkait untuk  proaktif melakukan berbagai upaya agar kasus gangguan ginjal akut misterius tidak sampai kedarah khususnya di kabupaten Rokan hilir.

Hal tersebut disampaikanya, setelah Adanya Instruksi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk tidak mengonsumsi dan menjual obat sirup untuk sementara waktu imbas dari adanya kasus gangguan ginjal akut misterius.

" Untuk itu Kita berharap kepada dinas kesehatan kabupaten Rokan Hilir agar menindaklanjuti instruksi kementerian kesehatan melalui puskesmas, Camat, Lurah dan Penghulu, SE sampai ke postu-postu," Kata Sudirman Ugil, Senin (23/10).

Lanjut Sudirman, Dengan adanya larangan mengkonsumsi obat jenis sirup pihak DPRD juga menghimbau ke pihak puskesmas-puskesmas untuk memantau kelapangan. Tidak hanya obat yang di larang, wakil rakyat itu juga minta kepihak yang berwenang untuk memantau peredaran obat-obat yang kadaluarsa.

" Ada juga keluhan dari masyarakat adanya obat yang diduga sudah kadaluarsa dijual. Nah hal ini perlu kita lakukan pengawasan untuk menjamin kesehatan masyarakat kita,"Ujarnya.

Selain itu, politisi NasDem Rohil ini juga mengharapkan, agar di puskesmas-puskesmas selalu ada stok obat yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Kemarin kita ada menerima laporan dari masyarakat bahwa ada pasien mengalami gangguan jiwa atau stres, biasanya stok abat pasien ini ada tersedia di puskesmas, tapi saat di butuhkan obatnya telah habis," Ucapnya.

Sebut Sudirman, Ada stok, tapi obatnya sudah kadaluarsa, pihak puskesmas juga tidak berani memberikan obat tersebut. Makanya kita harapkan agar obat yang dibutuhkan oleh masyarakat selalu ada di setiap puskesmas -puskesmas yang ada, Imbuhnya.***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar