Tradisi Petang Balimau di Sungai Siak Kembali Digelar

SIAK, POTRETRIAU.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru berkoordinasi dengan instansi pemerintah terkait untuk menggelar tradisi menyambut bulan Ramadhan, Petang Balimau atau Petang Megang, di bagian Sungai Siak di area Rumah Singgah Tuan Kadi pada Rabu (22/3).

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru Ardiansyah Eka Putra mengatakan bahwa panitia penyelenggara sudah berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah Riau serta Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru.

"Untuk mengantisipasi tumpah ruahnya masyarakat yang bakal berenang di Sungai Siak saat Petang Balimau, kami sudah melakukan rapat persiapan. 

Kami prediksi ribuan orang bakal memadati lokasi acara," katanya di Pekanbaru, Selasa.

Tradisi Petang Balimau di Pekanbaru terakhir dilaksanakan pada tahun 2018. Tradisi menyambut bulan puasa itu tidak dilaksanakan selama 2019 sampai 2022, antara lain karena ada pandemi COVID-19.

Ardiansyah mengatakan bahwa pemerintah kota tahun ini kembali menyelenggarakan Petang Balimau untuk melestarikan tradisi menyambut bulan puasa di Bumi Lancang Kuning.

"Tentu kami imbau agar semua menjaga keselamatannya, meski sudah ada petugas yang disiagakan dalam pelaksanaan Petang Balimau," katanya.

Ia menjelaskan bahwa Petang Belimau tahun ini akan dimulai dengan pawai dari Rumah Dinas Wali Kota Pekanbaru di Jalan Ahmad Yani dan dilanjutkan dengan berziarah di Pemakaman Marhum Pekan.

Di Pemakaman Marhum Pekan yang ada di lingkungan Masjid Raya Pekanbaru, ada makam dari pendiri Kota Pekanbaru, yakni Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah.

Tradisi Petang Balimau, yang meliputi acara mandi di sungai dan pertunjukan permainan rakyat, rencananya dilaksanakan selepas shalat ashar.***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar