Dua Pimpinan DPRD Riau Tak Terdaftar DCS, Maju DPR RI?

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Daftar calon sementara (DCS) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) di Pemilu 2024 telah diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, Sabtu (19/8/2023).

Dirangkum melalui website riau.kpu.go.id, dari empat pimpinan DPRD Riau, hanya dua yang kembali maju untuk DPRD Riau. Keduanya, ialah Agung Nugroho dari Partai Demokrat untuk daerah pemilihan (Dapil) Kota Pekanbaru, sedangkan Hardianto dari Partai Gerindra untuk daerah pemilihan (Dapil) Dumai, Bengkalis dan Kepulauan Meranti.

Sementara itu, dua pimpinan lainnya yaitu Yulisman dan Syafaruddin Poti tidak terdaftar di DCS. Informasi yang didapat, Yulisman yang saat ini menjabat Ketua DPRD Riau dari Partai Golkar tersebut maju ke DPR RI.

Begitu juga Syafaruddin Poti, Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini juga maju untuk DPR RI. Saat ini, Poti merupakan petahana yang menjabat Wakil Ketua DPRD Riau.

Sebelum diumumkan, KPU Riau telah melaksanakan rapat pleno tertutup penetapan DCS DPRD Provinsi Riau yang akan bertarung dalam Pemilihan Umum tahun 2024. Proses penetapan DCS DPRD Provinsi Riau melibatkan berbagai tahapan dan mekanisme yang telah diatur secara lengkap dalam perundang-undangan yang berlaku.

KPU Riau telah melakukan verifikasi dan validasi terhadap calon-calon yang mendaftar sebagai calon anggota DPRD Provinsi Riau. Pasca rapat pleno itu, KPU Riau mengumumkan DCS yang telah memenuhi syarat administratif dan berhak untuk melanjutkan tahapan seleksi berikutnya.

Ketua KPU Provinsi Riau Ilham Muhammad Yasir mengatakan, proses penetapan DCS DPRD Provinsi Riau dilaksanakan dengan transparansi dan menjunjung tinggi integritas.

"Kami berkomitmen untuk menjaga integritas dan kredibilitas proses demokrasi dalam Pemilu Tahun  2024. Semua tahapan seleksi calon anggota DPRD Provinsi Riau dijalankan dengan profesional dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Ilham.

KPU Riau mengajak semua pihak, terutama partai politik dan masyarakat, untuk terus mengawal dan mendukung proses demokrasi dalam Pemilu Tahun 2024. Proses seleksi calon anggota DPRD Provinsi Riau akan terus berlanjut sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar