Kembali Terjadi di Riau, 200 Hotspot Karhutla Terdeteksi di 9 Kabupaten

RIAU, POTRETRIAU.com - Terjadi lonjakan titik panas atau hotspot yang sangat signifikan di Provinsi Riau. Data badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jumat (29/9/2023) pagi ada 200 titik panas yang terpantau di Bumi Lancang Kuning.

Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Anggun, mengatakan jumlah ini memang jauh meningkat dibandingkan dengan sehari sebelumnya yang hanya 23 titik.

"Hari ini terpantau ada 200 titik panas di Riau, mengalami peningkatan dibandingkan dengan hari sebelumnya," ujar Anggun.

Ia mengatakan 200 titik ini tersebar di 9 wilayah dengan sebaran terbanyak di Indragiri Hulu sebanyak 95 titik, Indragiri Hilir 51 titik, dan Pelalawan 19.

"Selanjutnya Kuantan Singingi 12 titik, Rokan Hulu 10 titik, Kampar 9 titik, Rokan Hilir 2 titik dan Siak serta Kepulauan Meranti masing-masing 1 titik," terangnya.

Dari jumlah tersebut sembilan titik diantaranya berada di level tinggi yang berarti di wilayah tersebut ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Sembilan titik tersebut berada di Kabupaten Indragiri Hilir 4 titik tepatnya di Kecamatan Gaung Anak Serka 1 titik dan Kecamatan Gaung 3 titik. Kemudian Indragiri Hulu 2 titik tepatnya di Kecamatan Peranap 2 titik dan di Pelalawan sebanyak tiga titik yakni di Kecamatan Ukui 2 titik dan 1 titik lagi di Kecamatan Pangkalan," ungkapnya.

Selebihnya berada di level rendah dan sedang. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut belum bisa dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

"BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," ungkapnya.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 22.0 – 34.0 °C dengan kelembapan Udara 55 – 98 %. Sementara arah angin berhembus ke Tenggara – Barat dengan kecepatan 10 – 40 km/jam. Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar