Jika Anda Penderita Diabetes Jangan Minum Kopi Dicampur 5 Bahan Ini

POTRETRIAU.com - Minum kopi tidak hanya bisa menghilangkan rasa kantuk dan membuat perasaan nyaman bagi sebagian orang, namun diklaim juga bisa menurunkan risiko beberapa penyakit.

Dikutip dari Kompas.com, sebuah penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 120.000 orang Amerika Serikat (AS) menunjukkan, minum lebih dari satu cangkir kopi sehari selama empat tahun dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 11 persen.

Jadi, jika seseorang tidak atau belum menderita diabetes, kopi dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes.

Namun, bila seseorang sedang menjalani pengobatan diabetes tipe 2, kafein mungkin tidak baik dimasukkan ke dalam menu harian. Terlebih, jika kafein dipadu dengan beberapa bahan tertentu.

Dikutip dari Kompas.com yang melansir Healthmatch (24/9/2023), ada beberapa bahan yang sebaiknya tidak ditambahkan ke dalam kopi, khususnya bagi penderita diabetes.

1. Pemanis buatan

Pemanis buatan adalah senyawa yang digunakan untuk menggantikan gula alami, seperti sakarin, aspartam, dan lainnya. Tak jarang, untuk membuat secangkir kopi yang pahit menjadi lebih manis, beberapa orang mungkin akan menambahkan sedikit pemanis buatan ke dalamnya.

Namun demikian, sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang menggunakan pemanis buatan akan memiliki resistensi insulin yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak.

Untuk itu, bagi penderita diabetes, pemanis buatan tidak dianjurkan dan sebisa mungkin untuk dihindari, baik itu untuk menyeduh kopi, teh, ataupun minuman lainnya.

2. Susu

Bahan yang sebaiknya tidak ditambahkan ke dalam kopi penderita diabetes adalah susu. Ini karena susu dapat menyebabkan kadar gula darah seseorang melonjak.

Meskipun porsi kecil susu mungkin tidak menimbulkan efek buruk, namun terlalu banyak susu dapat menyebabkan perbedaan pada kadar glukosa dan meningkatkan resistensi insulin.

3. Sirup

Saat ini sirup menjadi salah satu bahan yang seringkali ditambahkan pada seduhan kopi. Ini karena sirup lebih praktis dan memiliki rasa yang beragam.

Kendati demikian, penggunaan sirup sebagai bahan tambahan sebaiknya dihindari penderita diabetes. Hal ini lantaran sirup mengandung gula dalam jumlah tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

4. Gula

Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa gula menjadi salah satu penyumbang tingginya angka diabetes di dunia. Gula buatan ataupun gula alami, keduanya dapat meningkatkan kadar gula darah dan memperburuk kondisi orang dengan penyakit diabetes.

Bahkan sedikit gula dalam cangkir kopi dapat memengaruhi kadar gula darah seseorang.

5. Mentega

Coffee butter atau kopi mentega tengah naik daun. Namun penderita diabetes sebaiknya tidak perlu mencoba tren ini. Selain meningkatkan kadar glukosa, mentega dalam kopi juga dapat meningkatkan kadar kolesterol atau menyebabkan alergi.***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar