Tanda-Tanda HP Disadap dari Jarak Jauh

Ilustrasi

POTRETRIAU.com - Akhir-akhir ini aksi-aksi pemantauan gadget menjadi marak terjadi. Para pelaku kejahatan akan melakukan berbagai modus untuk bisa mencuri sejumlah data penting dari dalam smartphone.

Sebenarnya penyadapan HP dapat dikenali dengan mudah. Anda bisa menghindarinya dengan mengetahui tanda-tanda tersebut. Untuk lebih detailnya, berikut 5 kemungkinan tanda HP yang disadap, dikutip dari Techlicious:

1. Masalah Baterai

 

Salah satu tanda HP disadap adalah baterai yang tiba-tiba bermasalah. Anda perlu curiga jika tiba-tiba baterai terkuras habis dengan cepat.

Sebenarnya masa pakai baterai ponsel dipastikan akan berkurang sesuai dengan pemakaian. Namun malware atau aplikasi mata-mata yang menyusup juga bisa menggunakan sumber daya yang banyak dengan tujuan melakukan pengiriman informasi ke server kriminal.

2. Performa Menjadi Lamban

Kemungkinan lain adalah performa smartphone menjadi melambat dan aplikasi sulit untuk diakses. Sejumlah aplikasi juga akan ditemukan berjalan meski sudah ditutup atau ponsel restart berulang kali.

Jika HP disadap, malware yang masuk ke dalam perangkat akan membebani sumber daya ponsel. Salah satu kemungkinannya akan membuat bentrok dengan aplikasi lain.

3. Penggunaan Data yang Tinggi

Selain baterai, para hacker juga akan menguras data korbannya. Mereka baru menyadarinya saat tagihan atau penggunaan data internet melambung tinggi.

Hal ini berasal dari malware atau aplikasi mata-mata yang terus berjalan. Semua sistem itu akan terus menerus mengirimkan informasi kembali ke server milik pelaku.

4. Telepon atau SMS yang Aneh

Anda juga patut waspada jika menemukan adanya panggilan atau SMS ke nomor yang tidak dikenal atau misterius. Anda dapat memeriksa tagihan telepon untuk mencari tahu apakah ada biaya yang tidak dikenali dari penggunaan tersebut.

5. Iklan Pop-up

Sebagai catatan, tidak semua iklan pop-up merujuk pada HP yang diretas. Namun pengguna tetap perlu berhati-hati jika terjadi di perangkatnya.

Karena iklan pop-up bisa diartikan HP disusupi adware, yakni salah satu jenis malware yang memanen klik dan uang korbannya.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar