5 Tips Diet untuk Melindungi Paru-paru dari Polusi Udara

Ilustrasi

POTRETRIAU.com - Selain cuaca panas yang ekstrim, belakangan ini masyarakat Indonesia terutama yang berada di Jakarta dan sekitarnya dihadapkan dengan polusi udara yang makin parah.

Bahkan beberapa waktu lalu, Jakarta disebut sebagai kota dengan polusi terburuk di dunia. Kualitas udara yang makin menurun pada saat ini, tentunya menimbulkan ancaman signifikan terhadap kesehatan pernafasan.

Itulah penting untuk melindungi paru-paru agar tetap sehat, normal dan bersih. Nah, tahukah Anda kalau pola makan kita sehari-hari bisa memainkan peran penting dalam memperkuat kesehatan pernapasan? Melansir NDTV, Rabu (1/11/2023) berikut lima tips diet untuk melindungi paru-paru dari polusi.

1. Wajib terhidrasi: Tetap terhidrasi dengan baik sangat penting untuk menjaga kesehatan paru-paru. Minum cukup air terutama air mineral membantu mengencerkan lendir di saluran udara, sehingga tubuh lebih mudah mengeluarkan racun. Selain air mineral, the herbal, air hangat dengan madu, dan teh hijau adalah pilihan yang sangat baik.

2. Mengonsumsi antioksidan: Bisa didapat dari buah-buahan dan sayuran yang kaya akan antioksidan, seperti vitamin C dan E, yang mana ini semua bsa membantu melindungi paru-paru dari stres oksidatif yang disebabkan oleh polusi. Makanlah buah seperti jeruk, beri, bayam, dan kacang-kacangan.

3. Asam lemak omega-3: Ahli gizi Neha Sahaya merekomendasikan untuk makan ikan berlemak seperti salmon, mackerel, biji rami, dan kenari yang mengandung lemak sehat, dengan sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit paru-paru dengan mengurangi peradangan.

4. Rempah-rempah: Rempah-rempah seperti kunyit , bawang putih dan jahe, yang biasa digunakan dalam banyak masakan Indonesia, merupakan rempah anti inflamasi yang ampuh. Bahan-bahan tersebut dapat membantu melawan peradangan yang dipicu oleh polutan di saluran pernapasan.

Ahli gizi Rupali Datta menyebutkan, rempah seperti jahe itu bisa memecah lendir, sehingga memudahkan kita untuk bernapas. Rempah-rempah juga meningkatkan sirkulasi darah ke paru-paru dan mengendalikan peradangan di dalamnya

5. Makanan sarat serat: Makanan kaya serat seperti biji-bijian, polong-polongan, dan lentil dapat membantu membersihkan sistem tubuh dan membantu pembuangan racun loh! Pola makan tinggi serat mendukung kesehatan secara keseluruhan, termasuk fungsi paru-paru. Studi yang dilakukan oleh American Thoracic Society mendapati kalau bahwa diet tinggi serat berhubungan dengan fungsi paru-paru yang lebih baik pada orang dewasa.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar