Sayang Dilewatkan Orang Tua, Ternyata Ini Manfaat Durian Untuk anak

POTRETRIAU.com - Salah satu manfaat durian untuk anak adalah sebagai sumber lemak. Manfaat tersebut berasal dari kandungan lemak dari buah berduri tajam ini. Selain itu, buah durian juga mengandung karbohidrat dan sejumlah vitamin serta mineral yang penting untuk tumbuh kembang anak.

Aromanya yang khas dan rasanya yang manis membuat durian disukai oleh anak-anak. Selain enak, buah durian juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan anak, seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, asam folat, niasin, serta vitamin A dan vitamin C.

Beragam Manfaat Durian untuk Anak
Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, buah durian bisa memberikan beragam manfaat kesehatan untuk anak, yaitu:

1. Memberikan energi
Buah durian termasuk dalam buah tinggi karbohidrat. Di dalam satu biji durian berdaging tebal yang setara dengan 250 gram, terkandung 66 gram karbohidrat.

Tidak heran bila mengonsumsi beberapa biji durian bisa mengenyangan Si Kecil. Konsumsinya juga akan memberikan tambahan energi kepada Si Kecil sehingga ia bisa aktif bermain seharian.

2. Melancarkan pencernaan
Durian mengandung serat yang bertindak sebagai prebiotik untuk meningkatkan jumlah bakteri baik di usus. Bertambahnya bakteri baik di pencernaan bisa menjaga kesehatan saluran cerna Si Kecil sehingga ia bisa terhindar dari sembelit, Bun.

3. Melawan infeksi
Buah durian mengandung protein, zinc, zat besi, serta vitamin A dan vitamin C. Keempat nutrisi tersebut terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan tubuh yang sehat, Si Kecil pun tidak akan mudah terkena infeksi, seperti flu dan batuk.

4. Menguatkan tulang
Kalsium, kalium, fosfor, dan magnesium merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang anak dan meningkatkan kekuatannya. Selain dari susu sapi, Bunda bisa menemukan keempat nutrisi tersebut dari buah durian, ya.

5. Menjaga kesehatan otot dan mendukung tumbuh kembang
Dalam 100 gram buah durian terdapat kalium sebanyak 436 mg. Kalium adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh Si Kecil untuk menjaga kesehatan dan fungsi otot, mengatur kadar air dalam tubuhnya, serta mendukung proses tumbuh kembang.

Itulah manfaat buah durian untuk anak yang perlu Bunda ketahui. Meski bernutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan anak, jangan biarkan ia makan buah ini terlalu banyak ya, Bun. Soalnya, apabila dikonsumsi berlebihan, buah durian bisa menyebabkan perut Si Kecil terasa kembung, bahkan diare.

Jika Si Kecil memiliki kondisi tersebut setelah mengonsumsi buah durian, Bunda bisa berkonsultasi ke dokter, ya. Bila masih ragu, Bunda jug bisa bertanya lebih jauh ke dokter tentang manfaat buah durian untuk anak.

 


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar