Ini Alasan Kenapa Tak Boleh Tidur Siang di Atas Jam 3 Sore

POTRETRIAU.com - Masuk waktu libur Nataru membuat sejumlah masyarakat sibuk dengan beragam aktivitas yang dijalaninya. Mulai dari liburan bersama keluarga, mengunjungi rumah saudara atau kerabat, bahkan mungkin melakukan kegiatan yang selama ini jarang dilakukan seperti tidur siang.

Namun, tahukah Anda bahwa tidur siang ternyata memiliki waktu khusus yang tidak bisa dilakukan sembarangan, termasuk tidur siang yang dilakukan di jam yang sudah terlalu sore.

Disampaikan oleh dokter sekaligus Healthy Educator, dr. Nadia Alaydrus, karena kondisi itu akan mengganggu alias merusak siklus jam tidur malam seseorang.

“Waktu tidur siang juga sebaiknya tidak lebih dari jam tiga sore, karena justru ini tuh bisa mengganggu jam tidur malam,” kata dr Nadia, dikutip dari akun TikTok pribadinya @nadialaydrus, Senin (25/12/2023)

Lebih lanjut, dr Nadia mengatakan tidur siang jika sendiri memang memiliki dampak positif dan negatifnya. Pada dampak positif tubuh akan menjadi lebih rileks, mengurangi rasa lelah, fokus lebih meningkat, mood lebih baik, dan meningkatkan kinerja seseorang termasuk reaksi yang lebih cepat dan memori yang lebih baik.

Sedangkan dampak negatifnya yaitu pada penderita bisa saja mengalami inersia tidur atau sleep inersia, di mana kondisi tubuh akan merasa pusing dan bingung setelah bangun dari tidur siang, serta juga waktu tidur malam yang menjadi terganggu.

Oleh karena itu, pada kebanyakan orang tidur siang bisa mengganggu kesehatan tubuhnya sebab dapat mengalami insomnia atau kualitas tidur yang buruk di malam hari. Lantas apakah tidur siang masih boleh dilakukan?

“Ya boleh-boleh saja dong, asal tidur siang itu enggak lebih dari 20 atau 30 menit sehari. Karena semakin lama tidur siang justru semakin kecil manfaat yang bisa kita dapatkan,” tegas dr. Nadia.

Ia juga menyarankan apabila seseorang melakukan tidur siang, ada baiknya untuk menciptakan lingkungan tidur siang yang tenang, dan juga gelap, ditambah dengan suhu ruangan yang nyaman dan minim dari gangguan. Kondisi ini membuat tidur lebih nyenyak dan membuat nyaman.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar