Penyebab Anak Alami Batuk Berulang

Ilustrasi

POTRETRIAU.com - Batuk menjadi penyakit yang paling sering menghantui anak-anak. Terkadang kondisi batuk kerap memburuk sehingga membuat para orangtua menjadi khawatir. Lantas apa sih penyebab batuk?

Menurut Dokter Spesialis Anak, dr Ardi Santoso mengatakan penyebab batuk yang berulang kemungkinan besar karena virus. Ditambah dengan cuaca ekstrim menyebabkan virus tersebut dapat mudah berkembang biak dan mengintai setiap kalangan.

“Influeza, Covid-19, ERV, itu banyak banget makanya kita bisa ngamatin kalau dia kumpul-kumpul sama orang yang batuk pilek dia bisa tertular. Karena virus itu sifanya emang menular ya. Satu kena, satu kena, apalagi kalau di Sekolah makanya protokol di Sekolah harus dijalankan dengan baik,” kata dr Ardi, dikutip dalam akun Instagram miliknya @ardisantoso, Senin (26/2/2024).

Maka dari itu, pentingnya komunikasi dengan pihak Sekolah menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus semakin parah. Karena mengingat konsumsi vitamin juga tidak bisa menggantikan daya tahan tubuh, menjadikan vitamin hanya berperan sebagai support kebutuhan tubuh untuk kebutuhan nutrisi.

Menurut dr Ardi, kebutuhan tubuh akan kebutuhan nutrisi tentunya memerlukan kebersihan lingkungan sehingga membuatnya harus dijaga. Akan tetapi upaya itu harus ditambah dengan langkah-langkah lainnya berupa makan yang adekuat, kebersihan area sekitar dari tungau dan debu, kebiasaan menggunakan masker, dan menerapkan etika batuk yang baik.

Hal itu karena virus tidak akan bisa sembuh sehingga apabila sudah terjangkit, dipastikan penyembuhannya bisa memakan waktu cukup lama.

“Selama ada virus di situ dan daya tahan tubuhnya gak baik maka akan rentan terjadinya batuk yang berulang. Jadi ayo evaluasi bareng-bareng supaya batuknya gak kambuh-kambuhan apalagi asma, karena asma pencetusnya bisa virus atau bakteri,” tuturnya.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar