Hadiri HUT DWP Ke-19, Sekda Inhil Harapkan Kaum Wanita Harus Kreatif dan Berprestasi

POTRETRIAU.com - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan,  dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Inhil bekerjasama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Inhil taja Puncak Peringatan HUT DWP Inhil Ke-19 Tahun 2018.

HUT yang mengusung tema 'Optimalisasi Potensi DWP untuk Suksesnya Pembangunan Nasional' tersebut digelar di Gedung Daerah Engku Kelana Tembilahan, Selasa (18/12/2018).

Acara dihadiri Bupati Inhil yang diwakili Sekda Inhil H Said Syarifuddin SE MP MSn, Unsur Forkopimda Inhil, Ketua TP-PKK Inhil Hj Zulaikhah Wardan SSos ME, Istri Wakil Bupati Inhil Ketua DWP Inhil Hj Sy Rohana Said Syarifuddin SPd, Ketua sejumlah Organisasi Kemasyarakatan Inhil, Ketua-ketua Organisasi Wanita Inhil, serta para undangan. 

Sebagaimana diketahui, dalam rangka memperingati HUT DWP ke-19 ini, DWP Inhil telah melakukan beberapa kegiatan. Di antaranya praktek tata cara penyelenggaraan jenazah, lomba masak nasi goreng oleh pejabat eselon 2, lomba joget balon oleh UP DWP Inhil, lomba membuat cerpen oleh anak-anak UP DWP Inhil tingkat SMP/ sederajat, lomba keterampilan dari bahan limbah oleh UP DWP Inhil. Selain itu DWP bekerjasama dengan TP-PKK juga melakukan kegiatan bakti sosial yang meliputi pemberian sumbangan korban bencana kebakaran di Parit 11 Gg Kampung Baru 1, unjungan ke Panti Asuhan Puri Kasih Tembilahan, serta kunjungan ke TK Pertiwi 1 Tembilahan sekaligus Sosialisasi Deteksi Dini Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah. 

Sempena Puncak Peringatan HUT DWP ini disemarakkan dengan penampilan tarian oleh UP DWP Inhil, penampilan pemenang lomba membuat cerpen oleh Nasywa Fathi utusan UP DWP Kemenag, penampilan drama dari pengurus DWP Inhil dengan judul Dharma Wanita, serta penampilan lagu Symphoni dari Trio DWP Inhil.

"Selaku organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina istri ASN, DWP harus bersyukur karena telah menjadi petunjuk dan kemudahan dalam menjalankan organisasi yang terstruktur sehingga mencapai kinerja yang baik. Perkembangan organisasi harus terus ditingkatkan untuk mencapai tujuan," ujar Ketua DWP Inhil saat menyampaikan sambutan Ketua Umum DWP RI.

Dalam rencana strategis DWP tahun 2015-2019, lanjut Sy Rohana, telah digariskan tahapan peta jalan untuk membangun percepatan dalam upaya menyejahterakan anggota, keluarga, dan masyarakat. Selain itu untuk mendorong kaum perempuan Indonesia untuk terus berkiprah dan berkarya dalam memberdayakan dirinya, mampu mandiri secara ekonomi, dan berperan lebih luas untuk ikut serta menggerakkan roda pembangunan nasional. 

Sementara itu, Sekda Inhil atas nama Pemerintah Kabupaten Inhil mengucapkan selamat ulang tahun kepada DWP Inhil. 

"Sebagai organisasi yang merupakan wadah berkumpulnya istri-istri PNS, DWP secara tidak langsung adalah mitra kerja pemerintah. DWP bisa menjadi ujung tombak untuk mengimplementasikan program pemerintah di masyarakat," sebutnya. 

Dirinya berpesan kepada DWP Inhil agar dapat menjadi partner yang baik bagi suami. Selalu mengingatkan agar suami dapat bertugas sesuai dengan tupoksinya, serta menjauhi tindak korupsi. 

"Melalui HUT DWP Ke-19 ini, saya mengharapkan wanita-wanita Indragiri Hilir menjadi kaum wanita pekerja keras, kreatif dan berprestasi, sehingga mampu mengangkat derajat wanita itu sendiri, dan mengangkat martabat kabupaten, serta dapat ikut andil mewujudkan Inhil yang semakin maju, bermarwah, dan bermartabat," harapnya. 

Senada dengan yang dikatakan Sekda, Ketua TP-PKK Inhil berharap agar DWP Inhil menjadi semakin baik lagi. "Sebagai seorang istri ASN dituntut untuk mampu memberikan motivasi, juga semangat kepada suami yang mengahadapi tantangan yang berat. Karena jika ASN bermasalah akibatnya akan berat. Untuk itu diharapkan Kepada seluruh anggota DWP untuk dapat mendampingi para suami dengan sebaik-baiknya kemudian mengingatkan jangan sampai terkena masalah hukum," tutur Ibunda Kabupaten Inhil ini. 

Istri Orang Nomor 1 di Negeri Hamparan Kelapa Dunia ini juga berpesan agar para ASN dapat bekerjasama dengan baik bersama istri dalam mengasuh anak.

"Tantangan dalam rumah tangga dalam mendidik anak, kita tahu masa sekarang ini luar biasa tantangannya yaitu media massa, hati-hati untuk anak, semoga tidak jadi penyebab masalah seperti narkoba dan sebagainya. Ini juga merupakan tanggung jawab seorang Ibu agar mampu mendidik anaknya, memberikan pelajaran yang baik, contoh yang baik di mana istri seorang ASN tentunya menjadi sorotan dan panutan bagi masyarakat di sekitarnya," tutup Zulaikhah. 


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar